Pengaruh Pelayanan Service General Repair dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan PT Dipo Internasional Pahala Otomotif Mitsubishi Gatot Subroto

Khotimah, Kusnul (2022) Pengaruh Pelayanan Service General Repair dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan PT Dipo Internasional Pahala Otomotif Mitsubishi Gatot Subroto. Diploma thesis, Politeknik STMI Jakarta.

[img] Text
1718065_Kusnul Khotimah_Abstrak.pdf - Accepted Version

Download (475kB)
[img] Text
1718065_Kusnul Khotimah_TA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
1718065_Kusnul Khotimah_Turnitin.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
1718065_Kusnul Khotimah_Daftar Pustaka.pdf - Bibliography

Download (617kB)

Abstract

PT Dipo Internasional Pahala Otomotif Mitsubishi Gatot Subroto bergerak dibidang Dealer yang mana dalam menjalankan bisnisnya melakukan penjualan unit kendaraan, penjualan jasa service dan penjualan suku cadang (sparepart). Dalam rentang tahun 2019 hingga tahun 2021 penjualan jasa service khususnya dalam service general repair mengalami penurunan. Dalam tahun 2021 penjualan mencapai 4.618 unit kendaraan yang tercatat menggunakan jasa service general repair di Mitsubishi Dipo Gatot Subroto. Terjadinya penurunan atau kenaikan jumlah penjualan diduga dipengaruhi oleh variabel pelayanan service general repair dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan, dan dalam penelitian ini dibuktikan bahwa terdapat pengaruh dilihat dari hasil persamaan regresi yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu Y=7,095 + 0,214X1+ 0,504X2. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan service general repair dan lokasi baik secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan pelanggan. Responden atau subjek dalam penelitian ini yakni pelanggan yang menggunakan jasa service pada Dealer Mitsubishi Dipo Gatot Subroto. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian variabel pelayanan service general repair (X1) berpengaruh secara signifikan secara parsial terhadap kepuasan pelanggan (Y) berdasarkan uji t, dimana nilai thitung = 4,624 > ttabel = 1,984. Hasil penelitian variabel Lokasi berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan berdasarkan hasil uji t, dimana nilai thitung = 5,291 > ttabel = 1,984. Kemudian berdasarkan hasil uji F yang telah dilakukan, nilai fhitung = 54,99 > ftabel = 3,09 sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan pada variabel pelayanan service general repair (X1) dan lokasi (X2) terhadap kepuasan pelanggan pengguna jasa service pada PT Dipo Internasional Pahala Otomotif Mitsubishi Gatot Subroto. Pada uji koefisien determinasi (R2) diperoleh hasil sebesar 53,1% dari variabel independen pelayanan service general repair dan lokasi, dimana hasil ini hanya mampu menerangkan variasi dari kepuasan pelanggan sebesar itu, sedangkan untuk 46,9% diterangkan oleh variabel lain diluar variabel independen pada penelitian ini. Kata Kunci: Kepuasan Pelanggan, Pelayanan Service General Repair, Lokasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pelanggan, Pelayanan Service General Repair, Lokasi
Subjects: ABO Kualitas Pelayanan
ABO Kepuasan Pelanggan
Depositing User: Taufiqurrahman Muslih
Date Deposited: 14 Dec 2022 05:09
Last Modified: 14 Dec 2022 05:09
URI: http://repository.stmi.ac.id/id/eprint/255

Actions (login required)

View Item View Item