Annida, Rifa (2024) Analisis Kinerja Perusahaan Dengan Metode Balanced Scorecard Pada PT Hasura Mitra Gemilang Periode 2021-2023. Diploma thesis, Politeknik STMI Jakarta.
![]() |
Text
1720053_Rifa Annida_Abstrak.pdf - Accepted Version Download (182kB) |
![]() |
Text
1720053_Rifa Annida_TA.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
1720053_Rifa Annida_Turnitin.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (15MB) |
![]() |
Text
1720053_Rifa Annida_Dapus.pdf - Bibliography Download (186kB) |
Abstract
PT Hasura Mitra Gemilang, merupakan perusahaan manufaktur yang menawarkan jasa injeksi plastik kepada perusahaan otomotif, telah beroperasi selama lebih dari 20 tahun. Adapun masalah-masalah yang memengaruhi kinerja perusahaan baik dari aspek finansial maupun non-finansial, dimulai dari keluhan pelanggan terkait pengembalian produk yang cacat saat diterima. Akibatnya, pelanggan tidak kembali untuk melakukan pembelian, yang berarti perusahaan telah kehilangan pelanggan. Hal tersebut bekaitan dengan banyaknya karyawan yang keluar dimiliki oleh perusahaan, sehingga tidak mampu menghasilkan output yang maksimal. Sehingga berdampaknya pada penurunan total penjualan dalam tiga tahun terakhir. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk menilai kinerja perusahaan menggunakan metode Balanced Scorecard untuk mengetahui kondisi kinerja perusahaan dan faktor apa saja yang mempengaruhi kondisi kinerja perusahaan. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dengan objek penelitian yang dilihat dari laporan data PT Hasura Mitra Gemilang tahun 2021-2023. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis dari jumlah indikator pengukuran kinerja yang dilakukan dengan penilaian ke empat perspektif Balanced Scorecard, Hasil penelitian pengukuran kinerja perusahaan berdasarkan nilai indikator pada setiap perspektif menunjukkan bahwa perspektif keuangan perusahaan dapat dikatakan kurang sehat, perspektif pelanggan dapat dikatakan sangat sehat, serta perspektif proses bisnis dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dapat dikatakan kurang sehat. Dengan demikian, metode Balanced Scorecard dikatakan dapat membantu perusahaan dalam menentukan dan mengukur kinerja strategis perusahaan melalui empat perspektif utama keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, dan pembelajaran serta pertumbuhan. Kata kunci: Balanced Scorecard, Kinerja Perusahaan, Penilaian
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Administrasi Bisnis Otomotif |
Depositing User: | Whisnu Dwi Prasetiyo |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 01:51 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 01:51 |
URI: | http://repository.stmi.ac.id/id/eprint/1445 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |