Rancang Bangun Sistem Informasi Antrean Perbaikan Berbasis Website pada Divisi Bengkel PT Albany Corona Lestari

Mahendra, Dhana Rangga (2024) Rancang Bangun Sistem Informasi Antrean Perbaikan Berbasis Website pada Divisi Bengkel PT Albany Corona Lestari. Diploma thesis, Politeknik STMI Jakarta.

[img] Text
1317057_Dhana Rangga Mahendra_Abstrak.pdf - Accepted Version

Download (122kB)
[img] Text
1317057_Dhana Rangga Mahendra_TA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)
[img] Text
1317057_Dhana Rangga Mahendra_Turnitin.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (40MB)
[img] Text
1317057_Dhana Rangga Mahendra_Dapus.pdf - Bibliography

Download (155kB)

Abstract

Bengkel secara umum adalah tempat untuk melakukan perbaikan bermotor baik untuk mobil, motor, dan sebagainya. Pada bengkel terdapat beberapa pekerja yang berperan untuk mendukung operasional tempat tersebut. Salah satunya adalah admin bengkel yang bertugas untuk melakukan masukan data pada setiap pekerjaan perbaikan saat waktu tersebut. Bengkel yang ideal dalam perbaikan adalah setiap 1 atau lebih mekanik akan menangani satu kendaraan berupa mobil dan 1 mekanik untuk satu kendaraan motor atau dengan rasio 1 berbanding 1. Namun kenyataannya adalah 1 mekanik menangani 2-3 kendaraan untuk mobil dan 1 mekanik untuk 2 motor. Akibatnya adalah perbaikan kendaraan sebelumnya tidak terselesaikan dan menyebabkan perbaikan kendaraan sebelumnya tertunda dan tidak terpenuhi perbaikan dalam 1 hari. Dalam kasus ini, diperlukan sebuah sistem yang bertujuan untuk membuat antrean perbaikan kendaraan menjadi teratur sesuai dengan mekanik yang ada dengan kendaraan yang masuk kedalam bengkel dengan rasio perbandingan yang sudah ditetapkan. Admin bengkel selaku salah satu bagian dari bengkel tersebut diharapkan dapat mengatur banyaknya antrean yang masuk ke dalam bengkel dalam satu hari. Waterfall dipilih untuk metode pengembangan sistem dalam kasus perbaikan kendaraan ini. Untuk perancangan sistem digunakan berbagai macam pemodelan seperti Business Process Management Notation (BPMN), Entity Relationship Diagram (ERD), Unified Modelling Language (UML) dan kamus data. Selanjutnya menggunakan Aplikasi Laravel untuk pengembangan website yang sudah dirancang dengan bahasa pemrograman HTML untuk pembuatan websitenya dan CSS untuk memberikan tampilan pada elemen web yang sudah dibangun. Bentuk sistem antrean yang dibuat kedepannya adalah dengan tambahan fitur antrean dalam website yang sudah digunakan dalam sistem bengkel tersebut. Dengan adanya sistem antrean ini diharapkan admin bengkel dapat mengatur banyaknya kendaraan yang masuk dalam satu hari tersebut, sehingga pekerjaan mekanik dapat diatur dengan rasio yang sudah ditetapkan. Kata kunci: Antrean, Bengkel, Laravel

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Sistem Informasi Industri Otomotif
Depositing User: Whisnu Dwi Prasetiyo
Date Deposited: 02 Sep 2024 04:20
Last Modified: 02 Sep 2024 04:20
URI: http://repository.stmi.ac.id/id/eprint/998

Actions (login required)

View Item View Item