Penerapan Perbaikan Proses Pengiriman dengan Metode Business Process Reengineering di PT Nusa Indah Jaya Utama

Kurniawan, Ferry (2022) Penerapan Perbaikan Proses Pengiriman dengan Metode Business Process Reengineering di PT Nusa Indah Jaya Utama. Diploma thesis, Politeknik STMI Jakarta.

[img] Text
1118031_Ferry Kurniawan_Abstrak.pdf - Accepted Version

Download (12kB)
[img] Text
1118031_Ferry Kurniawan_TA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
1118031_Ferry Kurniawan_Turnitin.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
1118031_Ferry Kurniawan_Dapus.pdf - Bibliography

Download (122kB)

Abstract

Business Process Reengineering adalah suatu proses merancang ulang proses bisnis untuk memperbaiki kinerja. Business Process Reengineering dapat digunakan untuk membantu memperbaiki proses bisnis perusahaan. PT Nusa Indah Jaya Utama, merupakan industri manufaktur yang memproduksi komponen untuk kendaraan bermotor. Dalam menjalankan proses bisnisnya, PT Nusa Indah Jaya Utama memiliki sejumlah divisi, yaitu divisi produksi, divisi maintenance, divisi quality control, divisi coating, divisi Production Planning Control (PPC), divisi shearing dan divisi scrap. Setelah melalui sejumlah proses produksi, komponen kendaraan bermotor yang telah diproduksi selanjutnya akan dikirimkan kepada konsumen. Banyaknya permintaan dari konsumen akan komponen kendaraan bermotor, mendorong untuk diperlukannya perbaikan pada sistem pengiriman, hal ini dikarenakan sistem pengiriman pada divisi Production Planning Control (PPC) di PT Nusa Indah Jaya Utama masih menggunakan outgoing ticket delivery manual yang belum terdata secara online (online database system) yang terintegrasi dengan Quick Response Code (QR Code). Tujuan digunakannya metode Business Process Reengineering adalah sistem manajemen pengiriman akan lebih terkomputerisasi dan terintegrasi, sehingga informasi dapat diakses dengan mudah, cepat, akurat, efektif dan efisien, serta dapat memberikan perbaikan pada proses pengiriman dengan minimalisir pemborosan biaya yang terjadi pada proses pengiriman. Kata kunci: Business Process, Business Process Reengineering, outgoing ticket delivery, Quick Response Code, online database system.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Teknik Industri Otomotif
Depositing User: Whisnu Dwi Prasetiyo
Date Deposited: 16 Apr 2024 02:27
Last Modified: 16 Apr 2024 02:27
URI: http://repository.stmi.ac.id/id/eprint/871

Actions (login required)

View Item View Item