Dewi, Nadiya Ivana (2021) Rancang Bangun Sistem Informasi Presensi dan Manajemen Tugas pada PT Siber Data Media Nusantara. Diploma thesis, Politeknik STMI Jakarta.
Text
Abstrak_1317011.pdf - Accepted Version Download (12kB) |
|
Text
T1_1317011.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
CP_1317011.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
|
Text
Nadiya Ivana Dewi - Daftar Pustaka.pdf - Bibliography Download (9kB) |
Abstract
PT Siber Data Media Nusantara (PT SDMN) merupakan sebuah perusahaan teknologi informasi di bidang big data memiliki beberapa layanan yang ditawarkan, salah satunya adalah Software Development untuk website dan mobile application. Dalam mendukung proses bisnisnya dalam mengembangkan software, kegiatan presensi dan manajemen tugas merupakan salah satu kriteria penentu baik atau tidaknya kinerja sumber daya manusia di perusahaan. Namun, pandemi yang melanda sejak awal tahun 2020 mengakibatkan peralihan kebiasaan menjadi serba digital yang salah satu contohnya adalah penerapan sistem work from home atau WFH pada setiap perusahaan. Dikarenakan peralihan tersebut, PT SDMN memiliki kendala pada kegiatan presensi dan manajemen tugas selama WFH. Presensi yang dilakukan dengan scan sidik jari di perusahaan, tidak dapat dilakukan bagi karyawan yang WFH, sehingga karyawan yang WFH harus melapor ke human resource (HR) atau manajer agar presensi dianggap hadir karena kehadiran tidak tercatat pada mesin presensi di perusahaan. Hal ini membuat proses presensi harian kurang efektif karena data presensi work from office (WFO) tidak terintegrasi dengan data presensi WFH dan pembuatan laporan menjadi manual, sehingga terjadi redundansi pekerjaan dan kemungkinan data yang dihasilkan kurang akurat. Proses manajemen tugas selama WFH memiliki kendala tersendiri. Pemberian, pemantauan, dan pelaporan tugas dilakukan melalui chat (aplikasi Telegram atau Whatsapp). Hal tersebut menyebabkan tugas tidak terdokumentasi dengan baik dan proses manajemen tugas yang berjalan kurang terstruktur. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan suatu sistem informasi terkomputerisasi dan terintegrasi untuk mempermudah proses presensi dan manajemen tugas. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah Waterfall dan tools pemodelan unified modeling language (UML). Sistem informasi yang diusulkan menggunakan bahasa pemrograman dengan PHP dan MariaDB sebagai database yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya sistem informasi presensi dan manajemen tugas dapat memudahkan HR dalam membuat laporan presensi bulanan karena terintegrasinya data presensi WFH dan WFO, serta memudahkan IT Manager untuk mengelola tugas dalam hal memberikan, memantau, serta melaporkan tugas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Presensi, Manajemen Tugas, Sistem Informasi, Waterfall, Work From Home, PHP |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science |
Depositing User: | Admin STMI |
Date Deposited: | 21 Jun 2022 03:00 |
Last Modified: | 30 Jun 2022 03:10 |
URI: | http://repository.stmi.ac.id/id/eprint/8 |
Actions (login required)
View Item |