Penerapan Metode DMAIC dan FMEA Untuk Meminimasi Claim Customer Produk Stay L pada PT Rekadaya Multi Adiprima

Sukamto, Muhammad Ezrahafidz Aqsadewa (2023) Penerapan Metode DMAIC dan FMEA Untuk Meminimasi Claim Customer Produk Stay L pada PT Rekadaya Multi Adiprima. Diploma thesis, Politeknik STMI Jakarta.

[img] Text
1119015_Muhammad Ezrahafidz Aqsadewa Sukamto_Abstrak.pdf - Accepted Version

Download (32kB)
[img] Text
1119015_Muhammad Ezrahafidz Aqsadewa Sukamto_TA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
1119015_Muhammad Ezrahafidz Aqsadewa Sukamto_Turnitin.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
1119015_Muhammad Ezrahafidz Aqsadewa Sukamto_Dapus.pdf - Bibliography

Download (140kB)

Abstract

PT Rekadaya Multi Adiprima merupakan salah satu industi manufaktur yang memproduksi komponen otomotif terutama untuk kendaraan roda empat. PT Rekadaya Multi Adiprima terbagi menjadi empat divisi produksi yaitu divisi metal, divisi non-woven, divisi plastik (service hole), dan divisi interior. Pada pelaksanaan produksi pada PT Rekadaya Multi Adiprima masih didapati proses claim customer yang dimana proses ini sangat merugikan untuk PT Rekadaya Multi Adiprima. Berdasarkan hasil wawancara dengan staff quality diperoleh bahwa jumlah claim yang terjadi pada tahun 2022 di plant 1 PT Rekadaya Multi Adiprima melebihi toleransi yang telah ditetapkan oleh perusahaan yaitu sebesar 0,05%. Berdasarkan permasalahan tersebut perlu dilakukan pengamatan lebih lanjut untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Metode yang digunakan untuk menyelesaikan permasalah ini adalah metode DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, control) dengan bantuan metode FMEA (Failure Mode and Effects Analysis) berdasarkan data claim customer dari bulan Juli 2022- Desember 2022. Tahap define dilakukan analisis untuk menentukan produk dengan tingkat claim terbanyak, Tahap measure dilakukan perhitungan nilai DPMO dan Level Sigma, tahap analyze memiliki tujuan untuk mencari penyebab terjadinya claim menggunakan bantuan diagram fishbone dan Tabel FMEA, pada tahap improve bertujuan untuk mencari dan melakukan perbaikan dengan bantuan Tabel 5W+1H berdasarkan diagram fishbone dan Tabel FMEA yang telah dibuat sebelumnya, terakhir tahap control dilakukan pemantauan dari hasil perbaikan yang telah diharapkan. Hasil sebelum perbaikan nilai DPMO sebesar 77.000 unit dengan level sigma 2,925 dan setelah perbaikan nilai DPMO menurun menjadi 17.400 unit dengan level sigma 3,611. Hasil perbaikan yang dilakukan menurun tingkat claim customer sebesar 61,93%. Kata Kunci: DMAIC, claim customer, DPMO, FMEA, minimasi, Stay L

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: DMAIC, claim customer, DPMO, FMEA, minimasi, Stay L
Subjects: Teknik Industri Otomotif
Depositing User: Taufiqurrahman Muslih
Date Deposited: 15 Jan 2024 03:43
Last Modified: 15 Jan 2024 03:43
URI: http://repository.stmi.ac.id/id/eprint/773

Actions (login required)

View Item View Item