Perancangan Sistem Informasi Live Tracking Perbaikan Kendaraan Pada Bengkel Tunas Toyota Batu Tulis

Christalita, Brigita (2022) Perancangan Sistem Informasi Live Tracking Perbaikan Kendaraan Pada Bengkel Tunas Toyota Batu Tulis. Diploma thesis, Politeknik STMI Jakarta.

[img] Text
1318113_Brigita Christalita_Abstrak.pdf - Accepted Version

Download (9kB)
[img] Text
1318113_Brigita Christalita_TA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
1318113_Brigita Christalita_Turnitin.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
1318113_Brigita Christalita_Dapus.pdf - Bibliography

Download (109kB)

Abstract

PT Tunas Ridean Tbk - Bengkel Tunas Toyota Batu Tulis merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang jasa perbaikan dan beroperasi khusus untuk perbaikan kendaraan Toyota. Dibutuhkan sistem informasi yang baik guna mengembangkan customer engagement pada bengkel. Namun, pada proses konfirmasi kepada customer dalam proses perbaikan kendaraan belum terintegrasi dengan sistem dan masih dilakukan secara manual oleh mekanik dengan memberikan update kepada bagian Service Advisor (SA) untuk mengkonfirmasi bahwa ada perbaikan tambahan, dan akan dikonfirmasi kembali oleh SA kepada customer untuk proses approval. Sehingga, kepuasan customer dalam hal waktu pengerjaan serta efektifitas kinerja mekanik belum dapat terpenuhi. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatan Customer Engagement atau kepuasan customer adalah dengan berinovasi menggunakan CRM yaitu Customer Relationship Management. Oleh sebab itu, dibuatkan Sistem Informasi Live Tracking Perbaikan Kendaraan pada Bengkel Tunas Toyota Batu Tulis untuk memantau dan melihat status perbaikan kendaraan secara real-time serta melakukan persetujuan dalam hal perbaikan tambahan untuk meningkatkan efektitas serta Customer Engagement. Perancangan sistem informasi dalam penulisan ini, diawali dengan menganalisis proses bisnis yang sedang berjalan pada perusahaan menggunakan BPMN (Business Process Model and Notation). Kemudian dilanjutkan dengan merancang sistem informasi dengan melakukan pemodelan UML (Unified Modeling Language) antara lain Use Case Diagram, Sequence Diagram, Class Diagram dan Deployment Diagram. Sedangkan, pemodelan data dilakukan dengan Entity Relationship Diagram (ERD). Perancangan sistem menggunakan metode prototyping serta pembuatan sistem informasi Live Tracking Perbaikan Kendaraan front-end menggunakan Javascript Vue JS, back-end dengan ASP.Net dan pengelolaan database dengan MySQL. Hasil akhir penelitian ini adalah Sistem Informasi Live Tracking Perbaikan Kendaraan yang memiliki fitur check status perbaikan kendaraan secara real-time serta approval tambahan perbaikan pada proses perbaikan kendaraan. Kata Kunci: Live Tracking, Perbaikan Kendaraan, Status Perbaikan

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Live Tracking, Perbaikan Kendaraan, Status Perbaikan
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Sistem Informasi Industri Otomotif
Depositing User: Taufiqurrahman Muslih
Date Deposited: 06 Sep 2023 09:23
Last Modified: 06 Sep 2023 09:23
URI: http://repository.stmi.ac.id/id/eprint/638

Actions (login required)

View Item View Item