Itsnaini, Hany Aulia (2022) Rancang Bangun Sistem Informasi untuk Pengingat Pelanggan di Bagian Customer Engagement di Bengkel TUNAS TOYOTA BATU TULIS. Diploma thesis, Politeknik STMI Jakarta.
Text
1318094_Hany Aulia Itsnaini_Abstrak.pdf - Accepted Version Download (12kB) |
|
Text
1318094_Hany Aulia Itsnaini_TA.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
1318094_Hany Aulia Itsnaini_Turnitin.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
1318094_Hany Aulia Itsnaini_Dapus.pdf - Bibliography Download (141kB) |
Abstract
"PT Tunas Toyota Batu Tulis merupakan salah satu perusahaan jasa otomotif yang bergerak di bidang penjualan dan servis kendaraan roda empat. PT Tunas Toyota menyediakan beberapa layanan yang diberikan kepada customer seperti layanan servis berkala, servis tune up, dan satu layanan yang cukup penting untuk menjalin hubungan baik dengan customer. Layanan yang berhubungan dengan customer engagement ini sudah dimiliki oleh PT Tunas Toyota Batu Tulis namun baru dilakukan melalui via telefon, yaitu layanan pengingat pelanggan. Dampak yang ditimbulkan apabila kegiatan mengingatkan pelanggan hanya dilakukan melalui via telefon yaitu, tidak sesuainya target harian pelanggan dengan pelanggan yang datang pada hari tersebut. Umumnya, pelanggan hanya mengira-ngira jadwal dilakukannya service dan lebih cenderung untuk menunda waktu service, terlebih lagi rata-rata customernya merupakan pekerja sibuk yang mempunyai kemungkinan lupa dalam merawat kendaraan. Berdasarkan analisa yang telah dilakukan di PT. Tunas Toyota Batu Tulis maka, dari permasalahan di atas sebaiknya dibuat sistem di bagian customer engagement yang terkomputerisasi yang dapat mempermudah kegiatan pengingat pelanggan untuk melakukan service, serta menjalin hubungan baik dengan customer. Pengembangan sistem dilakukan menggunakan metode prototype. Adapun pemodelan sistemnya dibuat menggunakan UML (Unified Modelling Language), antara lain use case diagram, activity diagram, sequence diagram, class diagram, dan deployment diagram kemudian diimplementasikan menggunakan bahasa pemrograman Dart dengan menggunakan framework Flutter dan database Supabase. Dengan adanya sistem pengingat pelanggan pekerjaan MRA (Maintenance Reminder and Appointment) dalam melakukan reminder dan menjalin hubungan dengan customer menjadi lebih efektif. Kata kunci: rancang bangun sistem informasi, pengingat pelanggan, customer engagement, Prototype, Unified Modelling Language, Framework Flutter, Database Supabase, Tunas Toyota Batu Tulis. "
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Depositing User: | Unnamed user with username editor_perpus2 |
Date Deposited: | 26 Dec 2022 08:12 |
Last Modified: | 26 Dec 2022 08:12 |
URI: | http://repository.stmi.ac.id/id/eprint/276 |
Actions (login required)
View Item |