Safaat, Imam (2019) PERENCANAAN KEBUTUHAN KAPASITAS PRODUKSI FRAME CHASSIS LINE A DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROUGH CUT CAPACITY PLANNING DENGAN BILL OF LABOR APPROACH DI PT GEMALA KEMPA DAYA. Diploma thesis, Politeknik STMI Jakarta.
|
Text
1214026 - IMAM SAFAAT.pdf Download (9MB) |
Abstract
Kemajuan dan perkembangan industri yang semakin pesat, PT Gemala Kempa Daya (GKD) adalah perusahaan industri otomotif yang bergerak di bidang komponen otomotif under body dan press part. Produk yang dibahas dalam penelitian ini adalah frame chassis. Permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan ini yaitu bagaimana keseimbangan antara kebutuhan kapasitas dengan ketersediaan kapasitas pada line assy A. Metode yang digunakan untuk perencanaan kapasitas produksi adalah rough cut capacity planning (RCCP) dengan teknik bill of labor approach (BOLA). Hasil perhitungan mengggunakan metode rough cut capacity planning (RCCP) proses produksi pada line assy A dengan jumlah kapasitas tersedia 267,08 jam/bulan masih terdapat proses yang mengalami kekurangan kapasitas yaitu pree assy 1 RH-LH, pree assy 2 RH, pree assy 2 LH, main assy RH front, main assy LH front, main assy RH rear, main assy LH rear dan final check mengalami kekurangan kapasitas sehingga menimbulkan bottleneck. Pada stasiun yang mengalami kekurangan kapasitas, nilai efektifitas yang didapat lebih dari 1 artinya stasiun kerja tersebut mengalami overload. Perbaikan dilakukan dengan menambahkan jumlah hari kerja menjadi 6 hari kerja/shift pada setiap stasiun kerja, setelah dilakukan perbaikan dengan menambah jumlah hari kerja selama 6 hari/shift didapatkan hasil dari perhitungan rough cut capacity planning (RCCP) dengan teknik bill of labor approach (BOLA) dengan jumlah kapasitas tersedia 323,532 jam/bulan maka pada setiap stasiun kerja mengalami kelebihan kapasitas. Setelah dilakukan perbaikan nilai efektifitas yang didapat kurang dari 1 artinya untuk setiap stasiun kerja sudah tidak ada yang mengalami overload. Kata kunci: Rough Cut Capacity Planning, Bill Of Labor Approach, Bottleneck, Overload, Efektifitas.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Rough Cut Capacity Planning, Bill Of Labor Approach, Bottleneck, Overload, Efektifitas. |
| Subjects: | Teknik Industri Otomotif Teknik Industri Otomotif |
| Depositing User: | Nur Halimah |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 02:36 |
| Last Modified: | 09 Dec 2025 02:36 |
| URI: | http://repository.stmi.ac.id/id/eprint/1644 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
