Triatmojo, Muhamad Nur (2019) PENERAPAN PERBAIKAN SISTEM KERJA PERAWATAN BERKALA KELIPATAN 10.000 KM MOBIL SUZUKI ERTIGA DENGAN METODE BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT PADA PT SEJAHTERA BUANA TRADA. Diploma thesis, Politeknik STMI Jakarta.
|
Text
1115058 - MUHAMAD NUR TRIATMOJO.pdf Download (4MB) |
Abstract
PT Sejahtera Buana Trada (PT SBT) merupakan dealer resmi Suzuki untuk wilayah Pulogadung, Jakarta Timur. PT SBT memiliki layanan penjualan, servis dan perbaikan serta penjualan suku cadang kendaraan bermerek Suzuki. Perawatan Berkala adalah program perawatan berkala kendaraan Suzuki dengan acuan jarak tempuh (kilometer) atau jangka waktu tertentu. Mobil Suzuki Ertiga merupakan salah satu kendaraan Suzuki dengan jumlah penjualan terbanyak di Indonesia. Perawatan berkala kelipatan 10.000 km mobil Suzuki Ertiga adalah pekerjaan dengan frekuensi yang tinggi. Pada perawatan berkala kelipatan 10.000 km mobil Suzuki Ertiga ditemukan beberapa aktivitas atau elemen pekerjaan yang merupakan pengulangan sehingga menimbulkan pemborosan waktu, serta terdapat posisi kerja yang tidak ergonomis, yang didesain ulang agar dapat lebih ergonomis. Dengan Business Process Improvement dapat diidentifikasi proses bisnis yang dapat dilakukan perbaikan untuk meningkatkan efisiensi proses pekerjaan pada perawatan berkala kelipatan 10.000 km mobil Suzuki Ertiga. Melalui pendekatan mendesain ulang proses. Hasil analisis pada penelitian ini berupa melakukan eliminasi elemen pekerjaan yang berulang, menyederhanakan proses kerja dan melakukan perbaikan posisi kerja. Dari analisis didapatkan real value added sebanyak 28 elemen kerja, business value added sebanyak 46 elemen kerja dan non value added sebanyak 2 elemen kerja. Setelah dilakukan perbaikan real value added sebanyak 28 elemen pekerjaan, business value added 29 elemen pekerjaan. Dengan melakukan perhitungan throughput efficiency proses bisnis sebelum perbaikan sebesar 68,61 %. Setelah dilakukan analisis perbaikan didapat peningkatan throughput efficiency menjadi 78,71 %. Waktu baku sebelum perbaikan sebesar 3671,86 detik, menjadi lebih cepat dengan proses bisnis setelah perbaikan yaitu sebesar 3098,39 detik. Kata Kunci: Kendaraan Roda Empat, Perawatan Berkala, Business Process Improvement, Throughput Efficiency.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kendaraan Roda Empat, Perawatan Berkala, Business Process Improvement, Throughput Efficiency. |
| Subjects: | Teknik Industri Otomotif Teknik Industri Otomotif |
| Depositing User: | Nur Halimah |
| Date Deposited: | 08 Dec 2025 02:56 |
| Last Modified: | 08 Dec 2025 02:56 |
| URI: | http://repository.stmi.ac.id/id/eprint/1629 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
