Nugroho, Wiono Adi (2025) Modifikasi Jig Drill Throttle Untuk Mengatasi Cacat Produk Pada Komponen Steering Handle. Diploma thesis, Politeknik STMI Jakarta.
|
Text
2921058_Wiono Adi Nugroho_Abstrak.pdf - Accepted Version Download (8kB) |
|
|
Text
2921058_Wiono Adi Nugroho_TA.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
|
Text
2921058_Wiono Adi Nugroho_Turnitin.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
|
|
Text
2921058_Wiono Adi Nugroho_Dapus.pdf - Bibliography Download (142kB) |
Abstract
Program Studi Teknologi Rekayasa Otomotif Steering handle merupakan komponen penting yang mendukung manuver kendaraan roda dua. Salah satu bagiannya adalah switch holder, yang posisinya harus tetap agar fungsi tombol tidak terganggu. Untuk menjamin posisi tersebut, diperlukan lubang acuan yang dibuat secara presisi menggunakan jig drill. Namun pada 5 sampel yang diambil dari produksi terdapat 2 produk yang NG (Not Good) yang menunjukkan penyimpangan jarak lubang switch terhaadap ujung pipa dimana melebihi ukuran dan toleransi yang ditetapkan yaitu 164±1mm, penyimpangan ini disebabkan variasi panjang pipa yang terjadi akibat proses bending.Untuk mengidentifikasi akar penyebab cacat produk, dilakukan analisis menggunakan diagram fishbone berbasis pendekatan 4M (Man, Machine, Material, Method). Hasil evaluasi menunjukkan bahwa penyimpangan disebabkan oleh ketidaktelitian operator (Man), keterbatasan desain jig drill (Machine), variasi panjang pipa akibat proses bending (Material), dan prosedur kerja yang belum distandarisasi (Method). Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melakukan modifikasi pada jig drill untuk mengatasi penyimpangan jarak lubang terhadap ujung pipa yang menyebabkan cacat produk. Perbaikan dilakukan dengan mengganti sistem pin positioning tetap menjadi fleksibel menggunakan mekanisme linear guide, sehingga jig dapat menyesuaikan terhadap variasi panjang pipa steering handle yang umum terjadi dalam proses produksi massal. Modifikasi jig drill ini juga mempertimbangkan aspek- aspek seperti kestabilan hasil pengeboran, kemudahan peletakan dan pengambilan part, dan kemudahan dalam melakukan setting pada titik acuan pengeboran. Penelitian dilakukan dengan tahapan identifikasi masalah, perancangan ulang jig, verifikasi desain, proses manufaktur, trial jig. Modifikasi dilakukan dengan merubah locator pin positioning pengunci produk pada jig yang awalnya fix tidak bisa bergeser kekiri dan kanan di ubah dengan menambahkan linear guide tipe E-SMLGW15-70 pada locator pin positioning, sehingga memungkinkan penyesuaian posisi secara fleksibel menyesuaikan Panjang dari produk. Hasil pengujian menunjukkan peningkatan akurasi pengeboran, dengan seluruh sampel berada dalam batas toleransi. Modifikasi jig terbukti mampu mengakomodasi variasi panjang pipa, mengurangi produk cacat, dan layak diterapkan dalam produksi massal komponen steering handle. Kata kunci: Jig drill, pin positioning, linear guide, modifikasi, steering handle
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | Teknologi Rekayasa Otomotif |
| Depositing User: | Whisnu Dwi Prasetiyo |
| Date Deposited: | 05 Nov 2025 08:28 |
| Last Modified: | 05 Nov 2025 08:28 |
| URI: | http://repository.stmi.ac.id/id/eprint/1555 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
