Implementasi Sistem Informasi Kakotora untuk Monitoring Masalah Miror 2W PT Astra Komponen Indonesia

Khasanah, Anisa Eka Nur (2025) Implementasi Sistem Informasi Kakotora untuk Monitoring Masalah Miror 2W PT Astra Komponen Indonesia. Diploma thesis, Politeknik STMI Jakarta.

[img] Text
1321015_Anisa Eka Nur Khasanah_Abstrak.pdf - Accepted Version

Download (254kB)
[img] Text
1321015_Anisa Eka Nur Khasanah_TA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
1321015_Anisa Eka Nur Khasanah_Turnitin.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (42MB)
[img] Text
1321015_Anisa Eka Nur Khasanah_Dapus.pdf - Bibliography

Download (197kB)

Abstract

PT Astra Komponen Indonesia (PT ASKI), anak perusahaan Astra Otoparts Tbk, berfokus pada produksi Plastic Injection Painting Part. Dalam proses produksi, masalah yang muncul dicatat menggunakan dokumen Problem History Sheet (PHS) berbasis Excel. Pencatatan ini bertujuan untuk mendokumentasikan seluruh permasalahan yang pernah terjadi sebagai bentuk pembelajaran serta referensi bagi pencegahan masalah serupa di masa mendatang. Selain itu, dokumen PHS juga berfungsi sebagai dokumen standar yang wajib dikirimkan kepada pelanggan saat proses pengembangan produk baru. Penelitian ini berfokus pada identifikasi proses bisnis pencatatan masalah yang berfokus pada identifikasi proses bisnis pencatatan masalah yang perlu dikembangkan, serta perancangan sistem untuk diterapkan di lingkungan kerja. Dalam pelaksanaannya, ditemukan kendala. Sistem pencatatan yang masih menggunakan Excel dan dibagikan melalui OneDrive menimbulkan bentrok data, kesulitan akses saat data sudah banyak, serta potensi kehilangan data akibat gangguan sinkronisasi. Tidak adanya pembatasan akses antar departemen menyebabkan perubahan data. Selain itu, pencatatan yang dilakukan di akhir proses tanpa adanya pengingat menyebabkan beberapa masalah tidak tercatat. Tidak adanya pengesahan pada dokumen menyebabkan dokumen belum dianggap sah secara administratif. Oleh karena itu, dikembangkan sistem terintegrasi yang dapat diakses bersama oleh seluruh departemen secara real-time, membatasi hak akses sesuai tanggung jawab, dan memiliki fitur notifikasi otomatis untuk mengingatkan pengguna. Sistem ini juga menyediakan fitur penambahan pengesahan agar dokumen PHS dianggap formal. Pengembangan sistem dilakukan dengan pendekatan Rapid Application Development (RAD), menggunakan framework Laravel 9 dan basis data PostgreSQL 12. Sistem ini dapat meningkatkan keandalan proses dokumentasi dan memperkuat koordinasi antar departemen melalui mekanisme pencatatan yang lebih sistematis dan terstruktur. Kata Kunci : Laravel, Microsoft Excel, PostgreSQL, Problem History Sheet (PHS), Rapid Application Development (RAD).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Sistem Informasi Industri Otomotif
Depositing User: Whisnu Dwi Prasetiyo
Date Deposited: 17 Oct 2025 02:54
Last Modified: 17 Oct 2025 02:54
URI: http://repository.stmi.ac.id/id/eprint/1490

Actions (login required)

View Item View Item