Hermawan, Rheza Fadillah (2025) Penerapan Balanced Scorecard dan Strategy Maps Untuk Pengukuran Kinerja Perusahaan Pada Divisi Headlining PT Dasa Windu Agung. Diploma thesis, Politeknik STMI Jakarta.
![]() |
Text
1721062_Rheza Fadillah Hermawan_ Abstrak.pdf - Accepted Version Download (526kB) |
![]() |
Text
1721062_Rheza Fadillah Hermawan_ TA.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
1721062_Rheza Fadillah Hermawan_Turnitin.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
![]() |
Text
1721062_Rheza Fadillah Hermawan_Dapus.pdf - Bibliography Download (186kB) |
Abstract
PT Dasa Windu Agung sebuah perusahaan industri manufaktur otomotif yang memproduksi berbagai macam produk salah satunya headlining, yang telah beroperasi lebih dari 40 tahun. Namun, perusahaan menghadapi masalah kinerja yang berdampak pada aspek finansial dan non-finansial, permasalahan yang dihadapi perusahaan berawal dari banyaknya karyawan yang belum melakukan pelatihan kerja yang kemudian menyebabkan meningkatnya klaim pelanggan terkait produk cacat dan kontribusi inovasi yang dilakukan karyawan masih belum optimal. Akibatnya, penurunan penjualan tercatat dalam tiga tahun terakhir. Penelitian ini bertujuan untuk menilai kinerja perusahaan menggunakan metode Balanced scorecard guna mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi kinerja dengan empat perspektif, yaitu perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, perspektif internal bisnis, perspektif pelanggan dan perspektif keuangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan objek penelitian laporan data karyawan, produksi, pelanggan, dan keuangan PT Dasa Windu Agung pada tahun 2022-2024. Analisis dilakukan berdasarkan indikator pengukuran kinerja pada empat perspektif Balanced scorecard. Sebagai langkah untuk mengintegrasikan analisis strategis, penelitian ini juga memanfaatkan Strategy maps untuk memvisualisasikan hubungan sebab-akibat antara tujuan strategis di setiap perspektif. Hasil pengukuran kinerja perusahaan melalui indikator dalam tiap perspektif bahwasannya perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, perspektif internal bisnis berada pada kondisi sangat sehat, namun pada perspektif pelanggan dan perspektif keuangan dinilai kurang sehat. Sehingga hasil pengukuran kinerja perusahaan melalui balanced scorecard menunjukkan perusahaan dalam kondisi “kurang sehat” dengan persentase 59,04% berkategori BBB. Kata Kunci : Kinerja Perusahaan, Balanced scorecard, Strategy maps
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Administrasi Bisnis Otomotif |
Depositing User: | Whisnu Dwi Prasetiyo |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 09:00 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 09:00 |
URI: | http://repository.stmi.ac.id/id/eprint/1460 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |