Ramadan, Novia (2025) Rancang Bangun Sistem Customer Relationship Management Berbasis Website untuk Monitoring Performance Salespeople dan Dealer pada PT XYZ Motor. Diploma thesis, Politeknik STMI Jakarta.
![]() |
Text
1321040_Novia Ramadan_Abstrak.pdf - Accepted Version Download (189kB) |
![]() |
Text
1321040_Novia Ramadan_TA.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
1321040_Novia Ramadan_Turnitin.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (27MB) |
![]() |
Text
1321040_Novia Ramadan_Dapus.pdf - Bibliography Download (162kB) |
Abstract
PT XYZ Motor sebagai main dealer sepeda motor membutuhkan sistem pemantauan kinerja dealer secara real-time. Saat ini, proses pemantauan masih dilakukan secara manual oleh Departemen Customer Care melalui pengolahan data dari laporan MFT (Monitoring Field Tracking) yang diperoleh dari sistem website yang telah ada sebelumnya, lalu diolah kembali ke dalam Excel, sehingga berisiko menimbulkan kesalahan pengolahan dan interpretasi data, baik karena faktor human error maupun keterbatasan dalam konsistensi format laporan.. Kepala Cabang sebagai PIC dealer juga mengalami kesulitan dalam memantau kinerja sales karena harus menarik data dari laporan MFT dalam bentuk Excel dan melakukan pemantauan secara terpisah melalui aplikasi mobile. Sementara itu, sales menggunakan satu aplikasi mobile yang sama untuk untuk mengelola leads, namun tidak terintegrasi dengan sistem pemantauan dealer dan sales. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini merancang sistem Customer Relationship Management (CRM) berbasis web yang memungkinkan pemantauan kinerja dealer dan sales dalam satu platform terpusat dan real-time. Sistem ini juga menyediakan platform terintegrasi untuk pengelolaan leads dan monitoring dalam satu sistem yang terpadu, Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini merancang dan membangun sistem Customer Relationship Management (CRM) berbasis web yang dapat mengintegrasikan proses pemantauan kinerja dealer dan sales dalam satu platform terpusat. Sistem ini dibangun dengan pendekatan pengembangan Waterfall, menggunakan bahasa pemrograman PHP dan framework CakePHP, serta memanfaatkan MariaDB sebagai basis data utama. Sistem ini diharapkan dapat membantu Departemen Customer Care, Kepala Cabang, dan sales dalam melakukan pemantauan serta pengelolaan data kinerja secara lebih efisien, cepat, akurat, dan real-time, melalui satu sistem informasi yang terintegrasi, terpusat, dan mudah diakses oleh seluruh pihak yang berkepentingan. Kata Kunci : Monitoring, Customer Relationship Management (CRM), PHP, Waterfall
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Sistem Informasi Industri Otomotif |
Depositing User: | Whisnu Dwi Prasetiyo |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 04:05 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 04:05 |
URI: | http://repository.stmi.ac.id/id/eprint/1459 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |