Fattah, Ahmad Zakiy (2024) Redesign Dies Blanking Untuk Part Arm Pedal Brake Di PT METINDO ERASAKTI. Diploma thesis, Politeknik STMI Jakarta.
![]() |
Text
2920003_Ahmad Zakiy Fattah_Abstrak.pdf - Accepted Version Download (348kB) |
![]() |
Text
2920003_Ahmad Zakiy Fattah_TA.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text
2920003_Ahmad Zakiy Fattah_Turnitin.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (15MB) |
![]() |
Text
2920003_Ahmad Zakiy Fattah_Dapus.pdf - Bibliography Download (152kB) |
Abstract
PT Metindo Erasakti memproduksi dies dan tooling untuk keperluan manufaktur otomotif seperti dies dan jig Salah satu produk dies yang diproduksi PT Metindo Era Sakti adalah dies blanking untuk proses stamping part arm pedal brake yang berfungsi sebagai komponen pengereman pada kendaraan roda dua. pembuatan dies blaking ini menggunakan konsep single cavity dalam sekali stroke. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah dies blanking dengan desain yang inovatif dan efisien dengan konsep desain yang berbeda dari sebelum nya, karena di temukan penumpukan part pada proses repair yang terjadi akibat dies sering mengalami maintenance karena material yang cukup tebal sehingga pada bagian punch sering mengalami kehausan, Dalam penelitian ini permasalahan atau tantangan yang dihadapi adalah bagaimana menjaga kualitas part. Beberapa faktor yang menjadi tuntutan pelanggan dalam rancangan dies blaking diantaranya seperti kemudahan maintenance, stabilitas proses dan kualitas hasil yang konsisten dan bebas dari cacat. Proses redesign dilakukan dengan metode PDCA (Plan, Do, Check, Action) adalah sebuah alat untuk perbaikan proses yang berkesinambungan. Siklus PDCA sebagai implementasi kaizen mengharuskan untuk memiliki standar spesifikasi, standar proses, standar sistem, standar prosedur, standar instruksi kerja, dan semua pekerjaan harus diukur. Setelah menerapkan perbaikan, harus dilakukan standardisasi untuk tampil konsisten agar apa yang diusahakan dapat ditingkatkan dan kemungkinan timbulnya cacat pada part. Setelah melalui pengecekan cheksheet, dilakukan simulasi proses blanking menggunakan CAE. Analisis hasil CAE ini juga bertujuan untuk mengetahui dan memperkirakan kemungkinan terjadinya cacat pada part akibat ketidak sesuaian konstruksi atau perhitungan parameter desain dies. Kata Kunci: Dies,Proses Pembentukan, Arm Pedal Brake, Design, Simulasi Hasil Blanking, Metode PDCA
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Sistem Informasi Industri Otomotif |
Depositing User: | Whisnu Dwi Prasetiyo |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 09:36 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 09:36 |
URI: | http://repository.stmi.ac.id/id/eprint/1389 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |