Pratama, Nusa Putra (2025) Implementasi Sistem Informasi E-Commerce Berbasis Website di PT Astra International Tbk - TSO Auto2000 Lenteng Agung. Diploma thesis, Politeknik STMI Jakarta.
![]() |
Text
1321053_Nusa Putra Pratama_Abstrak.pdf - Accepted Version Download (32kB) |
![]() |
Text
1321053_Nusa Putra Pratama_TA.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text
1321053_Nusa Putra Pratama_Turnitin.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (31MB) |
![]() |
Text
1321053_Nusa Putra Pratama_Dapus.pdf - Bibliography Download (196kB) |
Abstract
PT Astra International Tbk - TSO Auto2000 Lenteng Agung merupakan bengkel resmi Toyota yang melayani perawatan kendaraan dan penyediaan suku cadang (sparepart). Dalam pelaksanaan operasionalnya, sistem yang digunakan masih bersifat manual, khususnya dalam pencatatan dan transaksi penjualan sparepart. Hal ini memunculkan sejumlah kendala, seperti ketidakcocokan antara jenis sparepart dengan permintaan customer, yang berdampak pada penumpukan produk yang kurang diminati, kekosongan produk yang dibutuhkan, penggunaan ruang gudang yang tidak optimal. Penelitian ini dilakukan untuk merancang dan mengimplementasikan sistem informasi e-commerce berbasis website guna mendukung proses penjualan sparepart secara lebih efektif dan efisien. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif melalui teknik observasi, wawancara langsung, analisis dokumen internal perusahaan, dan kajian literatur yang relevan dengan sistem informasi serta e-commerce. Pengembangan sistem dilakukan dengan model Waterfall, melalui tahapan analisis kebutuhan, perancangan proses bisnis menggunakan BPMN, perancangan basis data dengan ERD, desain antarmuka menggunakan UML, implementasi menggunakan PHP dengan framework Laravel serta basis data MariaDB, dan pengujian dengan metode black-box testing. Hasil akhir dari penelitian ini adalah aplikasi e-commerce berbasis website yang mampu menyajikan informasi ketersediaan sparepart secara langsung, mempercepat proses pemesanan oleh customer, dan membantu pihak internal dalam membuat keputusan. Sistem ini mampu meningkatkan kemudahan layanan, mengurangi risiko kerugian, serta mendukung pencapaian target penjualan secara berkelanjutan. Kata Kunci: E-Commerce, Sparepart, Sistem Informasi, PHP, MariaDB, Waterfall
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Sistem Informasi Industri Otomotif |
Depositing User: | Whisnu Dwi Prasetiyo |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 05:22 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 05:22 |
URI: | http://repository.stmi.ac.id/id/eprint/1371 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |