Analisis Penentuan Prioritas Jenis Promosi Penjualan Unit Mobil Dengan Metode AHP Pada PT Sejahtera Buana Trada

Cahyani, Rizqiana Dyah (2024) Analisis Penentuan Prioritas Jenis Promosi Penjualan Unit Mobil Dengan Metode AHP Pada PT Sejahtera Buana Trada. Diploma thesis, Politeknik STMI Jakarta.

[img] Text
1720054_Rizqiana Dyah Cahyani_Abstrak.pdf - Accepted Version

Download (11kB)
[img] Text
1720054_Rizqiana Dyah Cahyani_TA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
1720054_Rizqiana Dyah Cahyani_Turnitin.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
1720054_Rizqiana Dyah Cahyani_Dapus.pdf - Bibliography

Download (87kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penentuan prioritas jenis promosi yang paling efektif dalam meningkatkan penjualan unit mobil di PT Sejahtera Buana Trada pada tahun 2023. Data menunjukkan bahwa penjualan melalui jenis promosi yang ada tidak selalu berjalan sesuai rencana. PT Sejahtera Buana Trada perlu melakukan promosi yang lebih persuasif dan menarik untuk meningkatkan brand awareness, menarik calon konsumen baru, serta membangun loyalitas pelanggan. Berbagai jenis promosi digunakan, termasuk media sosial, pamflet, brosur, pameran, moving exhibition, showroom event, website, dan e-commerce. Pemilihan prioritas jenis promosi yang kurang tepat menyebabkan ketidakstabilan penjualan, sehingga diperlukan metode yang tepat untuk menentukan media yang paling efektif. Penelitian ini menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk menilai efektivitas berbagai jenis promosi. AHP memecah masalah kompleks menjadi kelompok-kelompok dalam hierarki, memungkinkan pengorganisasian kriteria dari umum hingga spesifik, dan memperhitungkan validitas serta toleransi terhadap inkonsistensi. AHP juga melakukan analisis sensitivitas untuk mengevaluasi daya tahan output terhadap perubahan input. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari empat kriteria yang ditentukan oleh PT Sejahtera Buana Trada, yaitu biaya memiliki nilai kriteria yang paling tinggi dan disusul oleh jangkauan, fleksibilitas, dan Informatif. Sementara itu, alternatif jenis promosi yang menjadi prioritas adalah pameran. Dengan demikian, penelitian ini memberikan rekomendasi bagi PT Sejahtera Buana Trada untuk memprioritaskan penggunaan pameran sebagai strategi promosi yang paling efektif, khususnya dengan mempertimbangkan aspek biaya dan jangkauan.Hasil penelitian diharapkan membantu PT Sejahtera Buana Trada dalam merumuskan strategi promosi yang lebih efektif dan efisien, sehingga meningkatkan penjualan unit mobil secara signifikan. Kata Kunci: jenis promosi, Analytical Hierarchy Process (AHP), strategi pemasaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Administrasi Bisnis Otomotif
Depositing User: Whisnu Dwi Prasetiyo
Date Deposited: 19 Feb 2025 08:00
Last Modified: 19 Feb 2025 08:00
URI: http://repository.stmi.ac.id/id/eprint/1145

Actions (login required)

View Item View Item