Alfawaaz, Mohamad Haidar (2024) Analisis Strategi Perusahaan Menggunakan Metode SWOT Dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) Pada PT Indo Nusa Abadi. Diploma thesis, Politeknik STMI Jakarta.
![]() |
Text
1720069_Mohamad Haidar Alfawaaz_Abstrak.pdf - Accepted Version Download (12kB) |
![]() |
Text
1720069_Mohamad Haidar Alfawaaz_TA.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
1720069_Mohamad Haidar Alfawaaz_Turnitin.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
1720069_Mohamad Haidar Alfawaaz_Dapus.pdf - Bibliography Download (196kB) |
Abstract
Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat di sektor industri manufaktur otomotif, penerapan strategi yang efektif menjadi kunci bagi perusahaan, terutama dalam mengelola perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis strategi perusahaan PT Indo Nusa Abadi, yang dalam beberapa tahun terakhir menunjukkan tren pertumbuhan positif. Untuk menjaga konsistensi kinerja dan memastikan keberlanjutan pertumbuhan di masa mendatang, diperlukan analisis yang komprehensif terhadap faktor-faktor internal dan eksternal yang memengaruhi perusahaan. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan metode SWOT dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) sebagai alat utama dalam penyusunan strategi perusahaan. Analisis SWOT digunakan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi perusahaan, baik dari sisi internal maupun eksternal, serta mengetahui posisi perusahaan dalam kuadran SWOT. Selanjutnya, metode QSPM diterapkan untuk mengevaluasi berbagai alternatif strategi yang memungkinkan perusahaan memilih strategi yang paling sesuai berdasarkan prioritas dan daya tarik relatif. Dari hasil perhitungan IFAS (Internal Factor Analysis Summary) dan EFAS (External Factor Analysis Summary), total IFAS mendapatkan skor sebesar 1,04 sementara EFAS menghasilkan skor sebesar 0,72. Skor ini menandakan bahwa PT Indo Nusa Abadi berada dalam kuadran I, hal ini menunjukkan bahwa perusahaan memiliki kekuatan internal yang kuat serta peluang eksternal yang besar, yang menciptakan kondisi yang sangat menguntungkan bagi perusahaan. Dari hasil analisis matriks SWOT dihasilkan 16 alternatif strategi yang dipertimbangkan oleh PT Indo Nusa Abadi. Namun, berdasarkan perhitungan matriks QSPM, strategi yang paling diutamakan untuk diterapkan adalah meningkatkan penjualan dengan memperluas pasar dengan skor 7,78, yaitu dengan demikian, perusahaan bisa memanfaatkan pertumbuhan ekonomi dan peningkatan permintaan di pasar untuk memperluas jaringan penjualannya. Hal ini menandakan bahwa strategi tersebut memiliki prioritas tinggi dan dianggap sebagai langkah yang paling layak untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Kata Kunci: Strategi, Kinerja Perusahaan, Analisis SWOT, Analisis QSPM
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Administrasi Bisnis Otomotif |
Depositing User: | Whisnu Dwi Prasetiyo |
Date Deposited: | 12 Feb 2025 00:02 |
Last Modified: | 12 Feb 2025 00:02 |
URI: | http://repository.stmi.ac.id/id/eprint/1142 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |