IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI BOOKING PERBAIKAN KENDARAAN BERBASIS WEBSITE PADA PT ASTRA INTERNATIONAL TBK - TSO BP SUNTER

Fernando, Roland (2024) IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI BOOKING PERBAIKAN KENDARAAN BERBASIS WEBSITE PADA PT ASTRA INTERNATIONAL TBK - TSO BP SUNTER. Diploma thesis, Politeknik STMI Jakarta.

[img] Text
1320002_Roland Fernando__Abstrak.pdf - Accepted Version

Download (515kB)
[img] Text
1320002_Roland Fernando_TA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
1320002_Roland Fernando_Turnitin.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
1320002_Roland Fernando_Dapus.pdf - Bibliography

Download (180kB)

Abstract

PT Astra International Tbk - TSO BP Sunter adalah sebuah dealer mobil Toyota yang menyediakan berbagai layanan penjualan seperti sparepart, perbaikan dan pengecatan (body repair) yang sudah menjalin kerja-sama dengan berbagai perusahaan asuransi terkemuka di Indonesia. Permasalahan yang terjadi pada PT Astra International Tbk - TSO BP Sunter yaitu adanya keterlambatan dalam penyelesaian perbaikan kendaraan pelanggan sehingga sering melewati batas waktu perjanjian penyelesaian kendaraan pelanggan. Permasalahan keterlambatan tersebut terjadi karena belum menerapkan suatu metode booking tertentu sehingga belum ada penentuan pekerjaan yang diprioritaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi beberapa permasalahan yang dihadapi,Perancangan sistem ini dilakukan dengan metode waterfall menggunakan Unified Modelling Language (UML) untuk pemodelan sistem yang mencakup Use Case Diagram, Activity Diagram, Sequence Diagram, Class Diagram dan Deployment Diagram. Bahasa Pemrograman yang dipakai adalah PHP dan MariaDB sebagai basis data yang digunakan. Dengan adanya implementasi sistem informasi booking perbaikan kendaraan berbasis website ini, dapat membantu Service Advisor dan Pembagi Tugas Mekanik dalam mengelola jadwal perbaikan kendaraan secara lebih efisien dan efektif. Sistem ini diharapkan dapat mengurangi keterlambatan dalam perbaikan kendaraan, meningkatkan produktivitas, serta menjaga kepuasan pelanggan. Kata Kunci : Booking Perbaikan Kendaraan, Metode Waterfall, Minimasi Keterlambatan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Sistem Informasi Industri Otomotif
Depositing User: Whisnu Dwi Prasetiyo
Date Deposited: 28 Jan 2025 02:55
Last Modified: 28 Jan 2025 02:55
URI: http://repository.stmi.ac.id/id/eprint/1122

Actions (login required)

View Item View Item