Calvin, Yohanes (2024) Implementasi Metode Six Sigma Dalam Pengurangan Defect Pada Cover Door Service Hole 67831-BZ 480 Di PT REKADAYA MULTI ADIPRIMA. Diploma thesis, Politeknik STMI Jakarta.
Text
1120016_Yohanes Calvin_Abstrak.pdf - Accepted Version Download (19kB) |
|
Text
1120016_Yohanes Calvin_TA.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
1120016_Yohanes Calvin_Turnitin.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
1120016_Yohanes Calvin_Dapus.pdf - Bibliography Download (128kB) |
Abstract
PT Rekadaya Multi Adiprima (PT RMA) adalah sebuah perusahaan manufaktur yang berfokus pada produksi part otomotif antara lain berupa Carpet and Covering Floor, Interior Door Trim, Interior and Insulation serta Service Hole.Dari hasil observasi pada lini Service Hole terdapat banyak defect khusu snya Cover Door Service Hole 67831-BZ 480 yang mana persentase defectnya melebihi dari toleransi yang ditetapkan oleh PT RMA yaitu sebesar 0,4%. Tujuan penelitian ini adalah mengurangi jumlah defect berdasarkan yang paling dominan pada Cover Door Service Hole 67831-BZ480 dengan menggunakan metode Six Sigma dengan bantuan langkah-langkah DMAIC.Tahap Define, menentukan produk yang akan dilakukan perbaikan, membuat diagram pareto, dan membuat diagram SIPOC.Produk Cover Door Service Hole 67831-BZ 480 memilki persentase defect sebesar 1,8%. Tahap Measure, menentukan jenis defect yang yang dominan, melakukan perhitungan peta kendali P, nilai DPMO dan level sigma. Pada tahap Analyze dilakukan analisis dengan menggunakan metode 4M+1E yang berdasarkan dari brainstorming untuk mengidentifikasi masalah atau penyebab dari terjadinya defect. Pada tahap Improve dilakukan berdasarkan 5W+1H dan melakukan implementasi perbaikan terhadap kualitas produk. Pada tahap Control dilakukan tindakan pengendalian terhadap proses yang dilakukan agar dapat diketahui bahwa ada kenaikan pada DPMO dan Level Sigma yang sudah dilakukan perbaikan serta penurunan persentase defect. Setelah dilakukan perbaikan didapatkan hasil dimana persentase defect menurun menjadi 0,39% dari 1,8% lalu nilai DPMO menurun dari 3.953 menjadi 1.706 dan level sigma naik dari 3,953 menjadi 4,428. Kata Kunci: Six Sigma, DMAIC, Kualitas
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Teknik Industri Otomotif |
Depositing User: | Whisnu Dwi Prasetiyo |
Date Deposited: | 07 Jan 2025 03:44 |
Last Modified: | 07 Jan 2025 03:44 |
URI: | http://repository.stmi.ac.id/id/eprint/1084 |
Actions (login required)
View Item |