Clio, Chavi Carissa (2024) Implementasi Sistem Informasi Notifikasi Pemesanan Sparepart Berbasis Whatsapp Api Pada Gudang Auto2000 BP Sunter. Diploma thesis, Politeknik STMI Jakarta.
Text
132001_Chavi Carissa Clio_Abstrak.pdf - Accepted Version Download (33kB) |
|
Text
1320018_Chavi Carissa Clio_TA.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
1320018_Chavi Carissa Clio_Turnitin.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
1320018_Chavi Carissa Clio_Dapus.pdf - Bibliography Download (152kB) |
Abstract
Auto2000 Body Paint (BP) Sunter adalah sebuah cabang dealer mobil Toyota yang menyediakan berbagai layanan purna jual, termasuk sparepart, perawatan berkala, dan perbaikan. Dalam proses perbaikan kendaraan di Auto2000 BP Sunter, penggunaan sparepart asli dan berkualitas sangatlah penting untuk memastikan kinerja optimal dan keamanan kendaraan. Namun, gudang yang tersedia di Auto2000 BP Sunter cenderung kecil sehingga tidak mampu menyimpan sparepart dalam jumlah besar. Oleh karena itu, seringkali tidak semua sparepart yang diperlukan tersedia di gudang, sehingga perlu memesan terlebih dahulu kepada Toyota Astra Motor (TAM) atau vendor Auto2000 untuk memastikan ketersediaan komponen yang dibutuhkan. Selain itu Perintah Kerja Bengkel (PKB) masih diberikan secara manual ke gudang dan sering terjadinya kesalahan dan kurangnya informasi mengenai ketersediaan sparepart yang ada pada dalam gudang, dan itu menghambat dalam perbaikan mobil. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi beberapa permasalahan yang dihadapi, termasuk memudahkan proses pemesanan sparepart dalam gudang serta menghindari kesalahan dan kurangnya informasi dalam proses pemesanan. Perancangan sistem ini dilakukan dengan metode waterfall dan menggunakan Unified Modelling Language (UML) untuk pemodelan sistem yang mencakup Use case Diagram, Activity diagram, Sequence diagram, Class Diagram, Deployment Diagram dan Entity Relationship Diagram (ERD). Bahasa pemrograman yang dipakai adalah PHP dan MariaDB sebagai basis data yang digunakan. Dengan adanya implementasi sistem notifikasi pemesanan sparepart berbasis WhatsApp API ini, dapat membantu Divisi Production dan Frontline dalam melakukan pemesanan sparepart menjadi lebih mudah serta menghindari kesalahan dan kurangnya informasi mengenai ketersediaan sparepart dan perbaikan kendaraan mobil dapat dikerjakan secara cepat. Kata kunci: Sparepart, Notifikasi pemesanan, Production, Frontline, WhatsApp API
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Sistem Informasi Industri Otomotif |
Depositing User: | Whisnu Dwi Prasetiyo |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 03:41 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:41 |
URI: | http://repository.stmi.ac.id/id/eprint/1013 |
Actions (login required)
View Item |