Perumusan Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Mercedes-Benz Dengan Metode SWOT Dan QSPM Pada PT Mercindo Autorama-Mampang

Putri, Inzalia (2024) Perumusan Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Mercedes-Benz Dengan Metode SWOT Dan QSPM Pada PT Mercindo Autorama-Mampang. Diploma thesis, Politeknik STMI Jakarta.

[img] Text
1720008_Inzalia Putri_Abstrak.pdf - Accepted Version

Download (123kB)
[img] Text
1720008_Inzalia Putri_TA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
1720008_Inzalia Putri_Turnitin.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
1720008_Inzalia Putri_Dapus.pdf - Bibliography

Download (145kB)

Abstract

Salah satu sektor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di Indonesia adalah industri otomotif. Dengan adanya persaingan yang ketat, pasar otomotif mengalami fluktuasi yang signifikan. Salah satunya yang terjadi pada PT Mercindo Autorama yang berdiri sejak 1988. PT Mercindo Autorama mengalami fluktuasi yang signifikan selama tiga tahun kebelakang, yakni tahun 2021-2023. Oleh karena itu diperlukan analisis strategi pemasaran yang tepat, guna menjaga volume penjualan agar tetap stabil. Penelitian ini menerapkan metode penelitian kualitatif dengan analisis kuantitatif. Untuk pengambilan sampel dilakukan dengan metode kuesioner oleh para pakar menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan informasi menggunakan metode observasi, wawancara dan kuesioner. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yakni matriks IFE, matriks EFE, matriks grand strategy, matriks SWOT dan QSPM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa matriks IFE dan EFE menghasilkan total skor -0,10 dan 0,20. Pada matriks Grand Strategy PT Mercindo Autorama – Mampang berada di posisi kuadran II, dimana perusahaan berada di posisi dengan pertumbuhan pasar yang cepat, strategi yang intensif. Titik posisi perusahaan disarankan menggunakan strategi Aggressive Maintenance atau pemeliharaan agresif. Pada analisis SWOT perusahaan menghasilkan dua strategi alternatif Weakness – Opportunities (WO), yakni meningkatkan pemasaran pada digital marketing dan menawarkan paket pembiayaan yang menarik. Lalu untuk hasil analisis QSPM strategi prioritas yang dapat diimplementasikan oleh perusahaan adalah meningkatkan pemasaran pada digital marketing dengan nilai STAS 4,10. Sedangkan untuk strategi alternatif keduanya adalah menawarkan paket pembiayaan yang menarik dengan nilai STAS 3,47. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Volume Penjualan, SWOT, QSPM

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Administrasi Bisnis Otomotif
Depositing User: Whisnu Dwi Prasetiyo
Date Deposited: 09 Sep 2024 00:42
Last Modified: 09 Sep 2024 00:42
URI: http://repository.stmi.ac.id/id/eprint/1011

Actions (login required)

View Item View Item