Priyanka, Putu Ananta (2023) Pengaruh Stress Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja Pada Bagian Service Di PT Tunas Mobilindo Perkasa-Tunas Daihatsu Pondok Gede. Diploma thesis, Politeknik STMI Jakarta.
Text
1719059_Putu Ananta Priyanka_Abstrak.pdf - Accepted Version Download (512kB) |
|
Text
1719059_Putu Ananta Priyanka_TA.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
1719059_Putu Ananta Priyanka_Turnitin.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
1719059_Putu Ananta Priyanka_Dapus.pdf - Bibliography Download (186kB) |
Abstract
Pengelolaan sumber daya manusia adalah kunci keunggulan perusahaan. Karyawan yang puas dan bebas dari stress berkontribusi pada kinerja yang baik. Faktor seperti motivasi, penghargaan, dan pengembangan karir juga memengaruhi kinerja. PT. Tunas Mobilindo Perkasa-Tunas Daihatsu Pondok Gede merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri otomotif dengan menyediakan kegiatan 3S berupa penjualan unit kendaraan, penjualan sparepart, dan pelayanan servis. PT. Tunas Daihatsu Pondok Gede, perusahaan otomotif di Indonesia, mengukur keberhasilan pelayanan servis melalui target servis unit kendaraan. Data penjualan mereka tahun 2021-2022 dapat memberikan gambaran tentang performa perusahaan. PT Tunas Mobilindo Perkasa-Tunas Daihatsu Pondok Gede mengalami kendala dalam mencapai target bulanan terkait dengan kepuasan karyawan bagian servis pada tahun 2021- 2022, permasalahan ini juga disebabkan dari kinerja karyawan berdasarkan nilai KPI perusahaan. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh stress kerja terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja. Dalam penelitian ini, menggunakan variabel Stress Kerja (X), kinerja karyawan (Y), dan kepuasan kerja (Z). Metode yang digunakan penelitian ini yaitu teknik analisis dengan menggunakan Path Analysis yang dibantu oleh aplikasi IBM SPSS versi 25. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa stress kerja secara langsung memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, hal ini dapat dilihat dari t-hitung > t-tabel yaitu 2,488 > 2,160. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa stress kerja secara tidak langsung memiliki pengaruh terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja, hal ini dapat dilihat dari hasil koefisien jalur menunjukan hasil nilai pengaruh tidak langsung lebih besar dibandingkan pengaruh langsung sebesar 0,643 > 0,288. Kata kunci: Stress Kerja, Kepuasan Kerja, Kinerja Karyawan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Administrasi Bisnis Otomotif |
Depositing User: | Whisnu Dwi Prasetiyo |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 03:18 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 03:18 |
URI: | http://repository.stmi.ac.id/id/eprint/1006 |
Actions (login required)
View Item |