Analisis Penentuan Bonus Tahunan Dengan Metode Simple Multi Attribute Rating Technique (SMART) Pada Karyawan Departemen Service Dealer AUTO2000 Bogor Siliwangi

Putri, Edla Fanny Ardya (2023) Analisis Penentuan Bonus Tahunan Dengan Metode Simple Multi Attribute Rating Technique (SMART) Pada Karyawan Departemen Service Dealer AUTO2000 Bogor Siliwangi. Diploma thesis, Politeknik STMI Jakarta.

[img] Text
1719066_Edla Fanny Ardya Putri_Abstrak.pdf - Accepted Version

Download (140kB)
[img] Text
1719066_Edla Fanny Ardya Putri_TA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
1719066_Edla Fanny Ardya Putri_Turnitin.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
1719066_Edla Fanny Ardya Putri_Dapus.pdf - Bibliography

Download (276kB)

Abstract

Dalam sebuah organisasi atau perusahan, sumber daya manusia atau karyawan merupakan elemen yang paling utama. Oleh karena itu banyak perusahaan yang memberikan apresiasi atau penghargaan atas kinerja setiap karyawan dalam kurun waktu 1 tahun atau dikenal dengan sebutan bonus tahunan yang berupa uang tunai. Bonus tahunan yang diberikan ini bertujuan untuk memotivasi karyawan agar meningkatkan kinerjanya dalam mencapai target yang telah ditetapkan untuk mendapatkan keuntungan perusahaan. AUTO2000 Bogor Siliwangi merupakan main dealer Toyota yang bergerak pada jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan, dan penyediaan suku cadang Toyota. Setiap tahunnya AUTO2000 Bogor Siliwangi memperhitungkan keuntungan yang didapatnya dan sebagian dari keuntungan atas cabang tersebut, diberikan kepada kepala cabang untuk dibagikan kepada karyawan setiap departemen sebagai bonus tahunan. Pada Departemen Service, bonus tahunan yang diberikan berdasarkan kriteria penilaian kinerja karyawan yang dilihat dari persentase tingkat kehadiran dan persentase kinerja, yang mana nantinya penentuan nilai tersebut ditentukan oleh Service Manager atau Kepala Bengkel. Selama Peneliti melakukan Praktik Kerja Industri di dealer AUTO2000 Bogor Siliwangi pada Departemen Service, Peneliti melihat bahwa penentuan bonus tahunan di AUTO2000 Bogor Siliwangi pada Departemen Service masih kurang efektif dan terjadi ketidaksesuaian antara yang diharapkan dan kenyataan dari hasil akhir penentuan bonus tahunan tersebut sehingga membuat beberapa karyawan merasa terjadi ketidakadilan. Oleh karena itu, diperlukan sistem pendukung keputusan yang dapat membantu Departemen Service, khususnya Service Manager atau Kepala Bengkel dalam proses penentuan bonus tahunan karyawan Departemen Service. Dalam penelitian ini, Peneliti menggunakan metode Simple Multi Attribute Rating Technique (SMART) yaitu metode pengambilan keputusan multiatribut yang mana metode perhitungan dalam SMART menggunakan perhitungan yang sederhana dan tidak memerlukan pemahaman matematika yang kuat. Metode perhitungan penentuan bonus tahunan dengan menggunakan SMART menunjukan hasil yang lebih efektif yaitu bersifat adil sesuai kontribusi masing-masing karyawan pada perusahaan dan total jumlah bonus yang dikeluarkan perusahaan lebih kecil dari sebelumnya, namun efektif dalam meningkatkan kinerja karyawan. Kata Kunci : Bonus Tahunan, Sistem Pendukung Keputusan, Metode SMART

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bonus Tahunan, Sistem Pendukung Keputusan, Metode SMART
Subjects: Administrasi Bisnis Otomotif
Depositing User: Taufiqurrahman Muslih
Date Deposited: 28 Jan 2024 05:45
Last Modified: 28 Jan 2024 05:45
URI: http://repository.stmi.ac.id/id/eprint/799

Actions (login required)

View Item View Item