Maulana, Sabit Iqbal (2023) Perancangan Perawatan Komponen Kritis Mesin Pada Filling Lithos Line 1 Dengan Metode Reliability Centered Maintenance Untuk Meminimasi Downtime Di PT Pertamina Lubricants Production Unit Jakarta. Diploma thesis, Politeknik STMI Jakarta.
Text
1119021_Sabit_Iqbal_Maulana_Abstrak.pdf - Accepted Version Download (65kB) |
|
Text
1119021_Sabit_Iqbal_Maulana_TA.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
1119021_Sabit Iqbal Maulana_Turnitin.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
1119021_Sabit_Iqbal_Maulana_Dapus.pdf - Bibliography Download (144kB) |
Abstract
PT Pertamina Lubricants Jakarta merupakan anak perusahaan PT Pertamina (Persero), yang berperan untuk memproduksi pelumas sebagai inti bisnisnya. Berdasarkan hasil pengamatan pada filling lithos line 1, proses produksi sering berhenti karena mesin mengalami kerusakan dan memerlukan perbaikan. Periode bulan Desember terdapat downtime sebesar 14,71 jam, periode bulan Januari terdapat downtime sebesar 57,74 jam, dan periode bulan Februari terdapat downtime sebesar 72,13 jam. Downtime terjadi karena mesin mengalami penurunan fungsi dan performansi yang disebabkan penggunaan mesin secara terus-menerus pada saat proses produksi, sehingga mesin mudah mengalami kerusakan apabila tidak dilakukan perawatan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk meminimasi terjadinya downtime pada filling lithos line 1. Metode yang digunakan untuk mengidentifikasi masalah terjadinya downtime adalah Reliability Centered Maintenance (RCM). Langkah yang digunakan yaitu Functional Block Diagram, Risk Priority Number, Logic Tree Analysis, dan Pemilihan Tindakan Perawatan. Metode Age Replacement juga digunakan untuk memberikan informasi mengenai interval penjadwalan pemeriksaan, penggantian komponen kritis. Hasil yang diperoleh dari RCM yaitu mesin Carton Erector memiliki downtime tertinggi dengan komponen yang memiliki nilai Risk Priority Number tertinggi adalah vacum sebesar 72. Hasil pada Functional Block Diagram yaitu fungsi-fungsi dari komponen mesin. Hasil Logic Tree Analysis sebanyak 2 mode kegagalan termasuk kategori B (Outage Problem), 2 mode kegagalan termasuk kategori C (Economic Problem). Hasil dari pemilihan tindakan perawatan yaitu Condition Directed (CD) terhadap 4 komponen mesin. Hasil dari perhitungan Age Replacement diperoleh untuk penggantian pencegahan komponen kritis dilakukan pada kondisi mesin beroperasi selama 10000 menit atau 10 hari dan setiap 7 hari sekali dilakukan pemeriksaan komponen kritis, sehingga downtime pada komponen kritis berkurang menjadi 5,91 jam. Kata Kunci: Age Replacement, Downtime, Functional Block Diagram, Logic Tree Analysis, Reliability Centered Maintenance, Risk Priority Number
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Age Replacement, Downtime, Functional Block Diagram, Logic Tree Analysis, Reliability Centered Maintenance, Risk Priority Number |
Subjects: | Teknik Industri Otomotif T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Depositing User: | Taufiqurrahman Muslih |
Date Deposited: | 17 Jan 2024 06:50 |
Last Modified: | 17 Jan 2024 06:50 |
URI: | http://repository.stmi.ac.id/id/eprint/776 |
Actions (login required)
View Item |