Rancang Bangun Sistem Informasi Penjadwalan Dan Antrian Service Kendaraan Dengan Metode First Come First Served Pada PT Batavia Bintang Berlian

Syalvadilah, Rahmanda (2022) Rancang Bangun Sistem Informasi Penjadwalan Dan Antrian Service Kendaraan Dengan Metode First Come First Served Pada PT Batavia Bintang Berlian. Diploma thesis, Politeknik STMI Jakarta.

[img] Text
1318097_Rahmanda Syalvadilah_Abstrak.pdf - Accepted Version

Download (8kB)
[img] Text
1318097_Rahmanda Syalvadilah_TA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
1318097_Rahmanda Syalvadilah_Turnitin.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
1318097_Rahmanda Syalvadilah_Dapus.pdf - Bibliography

Download (153kB)

Abstract

PT Batavia Bintang Berlian adalah salah satu dari banyaknya perusahaan otomotif dalam bidang 3S (Service, Sales, Sparepart) dan merupakan authorized dealer dari Mitsubishi Motors yang aktif dalam memenuhi kebutuhan pelayanan jasa perbaikan dan perawatan untuk kendaraan roda empat. Permasalahan umum yang terjadi di PT Batavia Bintang Berlian adalah alur antrian saat perbaikan kendaraan yang mana belum tersistemasi dan masih menggunakan nomor antrian cetak manual. Serta, penjadwalan perbaikan kendaraan yang masih memiliki gangguan pada kotak stall dalam sistem yaitu terjadinya error akibat sistem yang tidak bisa menyesuaikan dengan baik. Hal ini memberikan dampak yang cukup besar dalam alur kerja perusahaan terutama pada saat perbaikan dan perawatan kendaraan. Lalu, akan ada terjadinya penumpukan kendaraan saat perbaikan dan perawatan. Selain itu alur antrian sangat dibutuhkan guna mempermudah proses kerja bengkel perusahaan dan menghindari ketidak teraturan urutan pelanggan yang datang untuk perbaikan. Dalam mencegah permasalahan yang ada, dibutuhkannya rancang bangun sistem informasi usulan yang menerapkan metode pengembangan software yaitu waterfall. Analisis yang dilakukan adalah mengenai focus permasalahan pada sistem penjadwalan dan antrian service yang bermasalah, kemudian mendesain bentuk visual software dengan beberapa diagram UML, dan mengimplementasikan perencanaan menggunakan framework pemrograman CodeIgniter dan bahasa PHP. Lalu akan digunakannya metode First Come First Served (FCFS) untuk dapat membantu dalam menentukan urutan antrian kendaraan mana yang datang lebih dahulu untuk dikerjakan. Program rancang bangun sistem informasi ini diharapkan nantinya dapat menjadi inovasi untuk perusahaan dan meminimalisir kesalahan pada pelayanan dan perbaikan kendaraan dalam proses kerja perusahaan. Kata kunci : Sistem Informasi, Perbaikan dan Perawatan Kendaraan, Penjadwalan, Antrian, Metode FCFS

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Perbaikan dan Perawatan Kendaraan, Penjadwalan, Antrian, Metode FCFS
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Sistem Informasi Industri Otomotif
Depositing User: Taufiqurrahman Muslih
Date Deposited: 09 Oct 2023 03:19
Last Modified: 09 Oct 2023 03:19
URI: http://repository.stmi.ac.id/id/eprint/646

Actions (login required)

View Item View Item