Analisis Kinerja Perusahaan dengan Pendekatan Balanced Scorecard Pada PT Nusantara Berlian Motor Cibubur

Kusnadi, Irgam Haikal Hafidz (2022) Analisis Kinerja Perusahaan dengan Pendekatan Balanced Scorecard Pada PT Nusantara Berlian Motor Cibubur. Diploma thesis, Politeknik STMI Jakarta.

[img] Text
1718068_Irgam Haikal Hafidz Kusnadi_Abstrak.pdf - Accepted Version

Download (30kB)
[img] Text
1718068_Irgam Haikal Hafidz Kusnadi_TA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
1718068_Irgam Haikal Hafidz Kusnadi_Turnitin.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
1718068_Irgam Haikal Hafidz Kusnadi_Dapus.pdf - Bibliography

Download (119kB)

Abstract

PT Nusantara Berlian Motor adalah perusahaan yang bergerak di bidang otomotif yang melakukan penjualan serta perawatan kendaraan mobil khususnya merek Mitsubishi. Adapun permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan yaitu nilai aktiva yang dimiliki perusahaan selalu mengalami peningkatan, yang mana peningkatan tersebut seharusnya membuat perolehan laba perusahaan juga meningkat. Namun, pada kenyataannya laba yang diperoleh perusahaan tidak selalu mengalami peningkatan. Kemudian, dari segi pelanggan merasa kurang puas dengan pelayanan service kendaraan sehingga jumlah pelanggan cenderung mengalami penurunan. Selanjutnya, dari segi proses bisnis internal terdapat keluhan dari pelanggan terkait dengan waktu service yang terlalu lama. Selain itu, dari segi pembelajaran dan pertumbuhan, bahwa karyawan belum merasakan kepuasan saat bekerja di perusahaan, hal tersebut akan berpotensi pada penurunan kinerja karyawan. Sehingga, penelitian ini ditujukan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan perusahaan yang menjadi faktor penyebab naik dan turunnya kinerja perusahaan. Untuk mengatahui kinerja perusahaan, maka perusahaan perlu melakukan analisis pada empat perspektif yaitu keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan. Alat analisis yang digunakan untuk mengukur empat perspektif tersebut ialah dengan pengukuran Balanced Scorecard. Hasil penelitian pengukuran kinerja perusahaan berdasarkan nilai indikator pada setiap perspektif menunjukkan bahwa perspektif keuangan perusahaan dapat dikatakan buruk, perspektif pelanggan dapat dikatakan baik, perspektif proses bisnis dapat dikatakan baik, serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dapat dikatakan baik. Sehingga secara keseluruhan, kinerja perusahaan berada di kategori kurang sehat. Kata Kunci : Kinerja Perusahaan, Balance Scorecard, Kinerja karyawan

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Perusahaan, Balance Scorecard, Kinerja karyawan
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Depositing User: Taufiqurrahman Muslih
Date Deposited: 15 Mar 2023 07:39
Last Modified: 15 Mar 2023 07:39
URI: http://repository.stmi.ac.id/id/eprint/484

Actions (login required)

View Item View Item