Perbaikan Kualitas pada Proses Produk Bracket Steering Lock dengan Metode Plan Do Check Action (PDCA) di PT Nusa Indah Jaya Utama

Nursatya, Rifqi (2021) Perbaikan Kualitas pada Proses Produk Bracket Steering Lock dengan Metode Plan Do Check Action (PDCA) di PT Nusa Indah Jaya Utama. Diploma thesis, Politeknik STMI Jakarta.

[img] Text
1116067_Rifqi Nursatya_Abstrak.pdf - Accepted Version

Download (33kB)
[img] Text
1116067_Rifqi Nursatya_Tugas Akhir.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
1116067_Rifqi Nursatya_HasCek Plagiasi.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

PT Nusa Indah Jaya Utama adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang industri otomotif di Indonesia. Produk yang dihasilkan salah satunya ialah Bracket Steering Lock, yakni komponen untuk kendaraan roda dua motor TVS. Penelitian yang dilakukan pada produk Bracket Steering Lock ini dilakukan pada bulan Juni 2021, untuk mengurangi persentase cacat sebesar 3%, dari sebelumnya yang sudah ditetapkan perusahaan sebesar 0,3% pada produk Bracket Steeering Lock. Untuk mengurangi persentase cacat pada produk tersebut, solusi yang dilakukan ialah dengan menggunakan metode siklus Plan Do Check Action (PDCA) serta membuat histogram, peta kendali p, diagram sebab-akibat dan analisis 5W+1H. Diketahui terdapat 2 (dua) jenis cacat pada produk Bracket Steering Lock, yaitu jenis cacat hole geser dan jenis cacat bending miring. Diagram batang atau histogram tujuannya diperlukan untuk mengetahui jenis cacat yang paling dominan, dapat diketahui jenis cacat hole geser yang paling banyak ditemukan sebesar 58 unit, jenis cacat ini menjadi fokus utama dalam perbaikan yang dilakukan. Kemudian peta kendali p digunakan untuk mengetahui data grafik proses produksi harian, apakah masih dalam in control atau out of control. Faktor yang menyebabkan jenis cacat hole geser ialah, penempatan part kurang akurat, tools aus dan area dies proses produksi kotor, diketahui dari diagram sebab-akibat pada tahap Plan. Menggunakan alat analisis 5W+1H untuk mendapatkan rencana perbaikan/penanggulangan pada jenis cacat hole geser. Tahap Do menerapkan tindakan perbaikan dari yang sudah direncanakan, yakni memberi pengawasan terhadap operator secara berkala, peningkatan jadwal perawatan pada mesin dan tools, serta menjaga area dies tetap bersih. Pada tahap Check diketahui perbandingan sebelum dan sesudahnya, yakni memliki persentase cacat sebelumnya sebesar 3% dan kemudian setelah hasil dari perbaikannya menjadi 0,5%. Terakhir pada tahap Action ialah, dengan menerapkan standarisasi dengan pengawasan lebih terhadap operator, peningkatan jadwal perawatan, serta menjaga area tetap bersih guna cacat yang terjadi tidak dapat terulang kembali. Kata kunci: Hole Geser (Defect), 5W+1H, Kualitas, Peta Kendali P, PDCA

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hole Geser (Defect), 5W+1H, Kualitas, Peta Kendali P, PDCA
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TS Manufactures
Depositing User: Taufiqurrahman Muslih
Date Deposited: 07 Dec 2022 08:21
Last Modified: 07 Dec 2022 08:21
URI: http://repository.stmi.ac.id/id/eprint/216

Actions (login required)

View Item View Item