Wibowo, Slamet Teguh (2019) MINIMASI WAKTU MENGANGGUR DI STASIUN KERJA II PADA LINTASAN CRANKSHAFT MENGGUNAKAN PETA KERJA MESIN. Diploma thesis, Politeknik STMI Jakarta.
Full text not available from this repository.Abstract
Persaingan bisnis yang semakin kompetitif dihadapi oleh semua pelaku bisnis. Setiap perusahaan perlu untuk melakukan penelitian dan perkembangan agar dapat menghasilkan produk yang kompetitif dengan cara yang efektif dan efesien dalam berbagai bidang. PT Morita Tjokro Gearindo sebagai salah satu perusahaan bidang pengerjaan logam (Gears dan Mechanical Parts) untuk keperluan komponen engine kendaraan roda 2 dan roda 4, mesin pertanian, dan mesin lainnya. Saat ini sedang mengalami permintaan yang terus meningkat sehingga membuat perusahaan dibidang otomotif maupun pendukungnya harus meningkatkan jumlah produksinya. Salah satu cara meningkatkan Output produksi adalah mengefisienkan proses produksinya. Proses produksi membutuhkan man power sebagai faktor utama supaya bisa berjalan. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah mengelompokan kedalam elemen dasar therbligh yang dilihat dari flow process charts, kemudian dianalisis menggunakan two hands process charts dan man machine charts menghasilkan rancangan yang lebih baik. Studi gerakan ini dipilih karena dengan menghilangkan atau mengurangi gerakan tidak efektif akan meningkatkan output karena waktu proses yang semakin singkat dengan jumlah jam kerja yang sama. Dalam penelitian ini dengan studi gerakan peningkatan utilisasi man power dengan proses penggabungan yang sudah ada bisa lebih dari 20% dengan mengurangi atau menghilangkan gerakan yang tidak efektif.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Efisiensi, Man Power, Studi Gerakan, Otomotif |
| Subjects: | Teknik Industri Otomotif Teknik Industri Otomotif |
| Depositing User: | Nur Halimah |
| Date Deposited: | 19 Dec 2025 09:15 |
| Last Modified: | 19 Dec 2025 09:15 |
| URI: | http://repository.stmi.ac.id/id/eprint/1744 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
