Soliha, Baqiyah (2019) Sistem Informasi Pelaporan Penerimaan Part Menggunakan Laravel 5.8.27 Dan MariaDB 10.1.38 Dengan Fitur Bot Telegram Messenger Di PT Krama Yudha Ratu Motor. Diploma thesis, Politeknik STMI Jakarta.
|
Text
1315007 - Baqiyah Soliha 2019.pdf Download (4MB) |
Abstract
PT Krama Yudha Ratu Motor (PT KRM) merupakan perusahaan manufaktur otomotif yang memproduksi kendaraan niaga Mitsubishi di Indonesia. Pada PT Krama Yudha Ratu Motor terdapat bagian Part Control (PC) yang bertanggung jawab terhadap pengelolaan part yang digunakan untuk memproduksi kendaraan yang dirakit di PT Krama Yudha Ratu Motor. Ketidaksesuain part yang dibutuhkan ketika produksi dapat menyebabkan terhenti atau menghambat kegiatan produksi. Pada saat ini sistem informasi pada bagian Part Control di PT Krama Yudha Ratu Motor masih dilakukan secara semi komputerisasi yaitu penginputan form penerimaan part yang tidak tepat waktu menyebabkan stok part yang tidak update. Kepala Bagian (Kabag) Part Control kesulitan dalam melihat dan memvalidasi permintaan advance part ketika terjadi kekurangan part apabila tidak berada di tempat, sehingga memperlambat proses permintaan advance part ke pelanggan yaitu Krama Yudha Tiga Berlian (KTB). Pembuatan laporan yang masih menggunakan Microsoft Excel, sehingga memakan waktu dalam pembuatan dan pengirimannya. Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan pengembangan suatu sistem informasi pelaporan penerimaan part dengan fitur bot pada telegram messenger. Metodologi pengembangan sistem yang digunakan pada penelitian ini adalah waterfall. Pemodelan sistem yang digunakan antara lain usecase diagram, activity diagram, sequence diagram. Pemodelan data yang digunakan yaitu class diagram, ERD, dan kamus data. Perancangan sistem yang dibuat yaitu deployment diagram, windows navigation diagram, perancangan antarmuka dan perancangan fitur bot pada telegram messenger. Sistem informasi pelaporan penerimaan part ini dibangun menggunakan Laravel 5.8.27 dan MariaDB 10.1.38. Aplikasi yang dibangun menyediakan pengelolaan transaksi part seperti part masuk dan part keluar. Terdapat fitur bot pada telegram messenger yang akan membantu Kabag dalam melakukan proses lihat dan validasi terhadap permintaan advance part secara otomatis melalui handphone. Aplikasi ini dapat memberi kemudahan dan mempercepat dalam pembuatan laporan.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Bot Telegram Messenger, Penerimaan Part, Sistem Informasi, Waterfall. |
| Subjects: | Sistem Informasi Industri Otomotif |
| Depositing User: | Nur Halimah |
| Date Deposited: | 19 Dec 2025 03:16 |
| Last Modified: | 19 Dec 2025 03:16 |
| URI: | http://repository.stmi.ac.id/id/eprint/1724 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
