Dozza, Nisfie Dresensia Al (2021) Rancang Bangun Sistem Informasi Penanganan Keluhan Pelanggan Pada Bagian Customer Relation After Sales PT Nusantara Berlian Motor Bekasi. Diploma thesis, Politeknik STMI Jakarta.
Text
1317056_Nisfie Dresensia Al Dozza_Abstrak.pdf - Accepted Version Download (32kB) |
|
Text
1317056_Nisfie Dresensia Al Dozza_Tugas Akhir.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
1317056_Nisfie Dresensia Al Dozza_HasCek Plagiasi.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (17MB) | Request a copy |
Abstract
PT Nusantara Berlian Motor Bekasi merupakan dealer Mitsubishi yang dikenal sebagai dealer 3S yaitu Sales, Service dan Spare Part. PT Nusantara Berlian Motor Bekasi memiliki Bagian Customer Relation yang terbagi menjadi dua bagian yaitu Customer Relation Sales dan Customer Relation After Sales yang merupakan bagian penting dari perusahaan dalam mengembangkan hubungan dengan pelanggan. Customer Relation bertanggung jawab dalam memberikan perhatian dan pelayanan yang lebih kepada pelanggan, diantaranya sebagai media antara perusahaan dengan pelanggan untuk bertukar informasi tentang barang atau jasa, juga menerima dan menangani keluhan dalam upaya meningkatkan loyalitas pelanggan. Dalam proses penanganan keluhan, pelanggan PT Nusantara Berlian Motor Bekasi akan mengajukan keluhannya dengan menghubungi Customer Relation atau mendatangi perusahaan secara langsung yang kemudian Customer Relation akan mencatat keluhan pada Form Pelanggan Perlu Respon. Hal ini menyebabkan kurangnya efisiensi waktu dalam penyampaian keluhan dan dengan penggunaan formulir kertas tersebut, dokumen menjadi rentan hilang atau rusak. Kemudian pada tahap tindakan perbaikan, Customer Relation akan mendistribusikan Form Pelanggan Perlu Respon tersebut ke bagian terkait sesuai jenis keluhan untuk dilakukan tindakan perbaikan. Hal ini mengakibatkan lambatnya layanan yang diberikan karena proses pendistribusian dokumen antar bagian yang cukup jauh. Pada proses pengarsipan dokumen keluhan pelanggan Customer Relation masih menggunakan Microsoft Excel sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama, karena harus mengumpulkan dari dokumen-dokumen yang ada. Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, diperlukan pengembangan suatu sistem yang berdasarkan pada analisis dokumen dan proses bisnis yang ada. Metode pengembangan sistem informasi yang digunakan adalah Metode Waterfall. Perancangan menggunakan tools Unified Modeling Language (UML), Entity Relationship Diagram (ERD), Kamus Data dan Windows Navigation Diagram (WND). Sistem informasi ini dibangun dengan berbasis website menggunakan PHP sebagai bahasa pemrograman dan MySQL sebagai database yang digunakan. Dengan adanya sistem yang dibangun diharapkan dapat membantu perusahaan dalam mengelola manajemen data yang ada dan dapat mengintegrasikan data yang dibutuhkan ke bagian terkait, sehingga proses penanganan keluhan pelanggan akan berjalan lebih optimal yang kemudian akan memaksimalkan dan meningkatkan kinerja perusahaan. Kata kunci: Rancang Bangun, Sistem Penanganan Keluhan Pelanggan, Metode Waterfall, PHP, MySQL
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Rancang Bangun, Sistem Penanganan Keluhan Pelanggan, Metode Waterfall, PHP, MySQL |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Depositing User: | Taufiqurrahman Muslih |
Date Deposited: | 25 Nov 2022 09:52 |
Last Modified: | 25 Nov 2022 09:52 |
URI: | http://repository.stmi.ac.id/id/eprint/169 |
Actions (login required)
View Item |