PENERAPAN THEORY OF CONSTRAINT (TOC) DALAM MENGATASI STASIUN KENDALA (BOTTLENECK) PADA PROSES PRODUKSI PASSENGER CAR DI TRIMMING LINE 1 PT XYZ INDONESIA

Yogatama, Ary (2019) PENERAPAN THEORY OF CONSTRAINT (TOC) DALAM MENGATASI STASIUN KENDALA (BOTTLENECK) PADA PROSES PRODUKSI PASSENGER CAR DI TRIMMING LINE 1 PT XYZ INDONESIA. Diploma thesis, Politeknik STMI Jakarta.

[img] Text
1115094 - ARY YOGATAMA.pdf

Download (11MB)

Abstract

PT XYZ Indonesia merupakan perusahaan otomotif dengan produksi passenger car Completely Knock Down (CKD) tipe X, Y, dan Z. Proses produksi passenger car tipe X, Y, dan Z dilakukan di area Trimming Line 1 melalui sebelas stasiun kerja. Pada bulan Mei 2019 perusahaan hanya memproduksi 157 unit/bulan dari target 202 unit/bulan. Hal itu disebabkan oleh kekurangan waktu kerja tersedia pada bulan Mei 2019 karena bertepatan pada bulan puasa. Permasalahan tersebut mengakibatkan timbulnya antrean dan laju produksi terhambat sehingga perusahaan tidak mampu mencapai target yang ditetapkan. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka perbaikan dilakukan melalui metode Theory of Constraint (TOC). TOC dipilih karena langkah-langkah perbaikan yang diterapkan, ditekankan pada stasiun kerja kendala sehingga stasiun kerja non kendala akan ikut menyesuaikan dalam perbaikan. Dengan pendekatan TOC, stasiun kerja kendala akan diberikan buffer time yang berfungsi sebagai waktu penyangga laju produksi sebesar 7,07 jam. Selain itu, pada metode TOC digunakan pengendalian produksi berupa backward scheduling. Stasiun kerja kendala menggunakan backward scheduling berupa metode heijunka agar didapatkan penjadwalan produksi yang tepat sehingga laju produksi lancar. Volume produksi harian perusahaan bervariasi, salah satu pola heijunka yang dapat diterapkan yakni untuk 11 unit tanggal 2−16 Mei 2019 dengan urutan X, Y, Z, X, Y, Z, X, X, Y, Z, X. Kemudian, stasiun kerja kendala menggunakan rope berupa sistem kanban agar dapat mengomunikasikan jumlah pengiriman komponen yang tepat sesuai kebutuhan stasiun kerja kendala. Sistem kanban yang dirancang untuk pengiriman part Cable Harness PCA dan Cable Harness PCC menghasilkan cycle issue masing-masing 1:2:1. Total kanban yang beredar untuk kedua komponen masing-masing sebanyak 7 kanban. Waktu siklus pengiriman kedua komponen masing-masing yaitu pukul 07.45 WIB dan 11.05 WIB. Kata Kunci: Theory of Constraint, Buffer Time, Heijunka, Kanban

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Theory of Constraint, Buffer Time, Heijunka, Kanban
Subjects: Teknik Industri Otomotif
Teknik Industri Otomotif
Depositing User: Nur Halimah
Date Deposited: 09 Dec 2025 01:39
Last Modified: 09 Dec 2025 01:39
URI: http://repository.stmi.ac.id/id/eprint/1638

Actions (login required)

View Item View Item