Gustia, Lana (2019) PERBAIKAN KUALITAS CASTING BRACKET TRUNION BT1804 PADA PROSES FOUNDRY DENGAN METODE FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA) DI PT BAKRIE AUTOPARTS. Diploma thesis, Politeknik STMI Jakarta.
|
Text
1113018 - LANA GUSTIA.pdf Download (3MB) |
Abstract
PT Bakrie Autoparts adalah perusahaan industri komponen otomotif yang bergerak dalam bidang "ferrous foundry and precision machining". PT Bakrie Autoparts memiliki dua plant yang mendukung proses produksinya. Salah satunya plant foundry yang menjadi objek penelitian, karena pada proses produksinya masih banyak ditemukan casting reject. Salah satunya adalah Casting Bracket Trunion BT1804, dari data pada bulan Mei 2018 menunjukan Casting Bracket Trunion BT1804 memiliki persentase reject sebesar 5,84%, sedangkan target reject yang ditetapkan sebesar 5% dari jumlah Casting Bracket Trunion BT1804 yang diinspeksi per bulan. Jenis reject yang dihasilkan seperti sand inclution, scabbing, gas hole, srinkage, missrun, crash, broken casting, mould retak, bad mould, bad core. Dalam permasalahan ini, perlu adanya suatu metode pengendalian kualitas yang diharapkan dapat mencegah dan mengurangi terjadinya kegagalan proses tersebut. Adapun metode yang digunakan adalah Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) dengan tool diagram sebabakibat (fishbone diagram) yang bertujuan untuk mengetahui kegagalan potensial dan penyebab kegagalan potensial berdasarkan nilai RPN tertinggi. Hasil perhitungan nilai RPN tertinggi didapatkan bahwa potensial kegagalan disebabkan oleh waktu standar pemanasan core hanya 5 menit. Penyebab kegagalan tersebut kemudian menjadi acuan untuk membuat usulan perbaikan dengan menggunakan metode 5W+1H yang kemudian diimplementasikan. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada penyebab kegagalan yang diprioritaskan, maka didapatkan persentase reject Casting Bracket Trunion BT1804 turun menjadi 4,69%. Kata kunci: Failure Mode and Effect Analysis (FMEA), diagram sebab-akibat (fishbone diagram), RPN
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Failure Mode and Effect Analysis (FMEA), diagram sebab-akibat (fishbone diagram), RPN |
| Subjects: | Teknik Industri Otomotif Teknik Industri Otomotif |
| Depositing User: | Nur Halimah |
| Date Deposited: | 05 Dec 2025 08:24 |
| Last Modified: | 05 Dec 2025 08:24 |
| URI: | http://repository.stmi.ac.id/id/eprint/1609 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
