Perancangan Dies Bending Part Stay Luggage L Di PT Mada Wikri Tunggal Plant 1

Nugroho, Heri (2025) Perancangan Dies Bending Part Stay Luggage L Di PT Mada Wikri Tunggal Plant 1. Diploma thesis, Politeknik STMI Jakarta.

[img] Text
2921023_Heri Nugroho_Abstrak.pdf - Accepted Version

Download (225kB)
[img] Text
2921023_Heri Nugroho_TA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
2921023_Heri Nugroho_Turnitin.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)
[img] Text
2921023_Heri Nugroho_Dapus.pdf - Bibliography

Download (126kB)

Abstract

Industri otomotif terus berkembang dengan berbagai inovasi baru untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Namun, perusahaan menghadapi tantangan dalam meningkatkan efisien proses untuk pembuatan tooling dies, serta waktu penggunaan mesin dan tenaga kerja. Pada sebuah kendaraan sepeda motor, ada sebuah part yang menempel di rangka sepeda motor yaitu part stay luggage l. Part tersebut terletak pada bagian kerangka sepeda motor yang memiliki fungsi sebagai penahan tangki sisi kanan dan kiri kendaraan sepeda motor. PT Mada Wikri Tunggal Plant 1 menghadapi sebuah tantangan yang dalam efisien pembuatan tooling dies. Berdasarkan kondisi tersebut, dilakukan perancangan dies bending untuk mengintegrasikan proses pembentukan produk. Tujuan dari penelitian ini untuk mengimplementasikan proses perancangan desain dies bisa efisien dan optimal agar mampu menghasilkan proses pembentukan part stay luggage l dalam satu proses bending di mesin press. Metode penelitian ini mencakup proses perancangan desain 2D dan 3D, perhitungan, pemilihan material dan standart part pada dies proses bending. Serta, melakukan evaluasi struktur material komponen melalui metode simulasi stress untuk analisis komponen punch bending satu dan punch bending dua. Proses simulasi dilakukan menggunakan software computer aided design dan computer aided engineering. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah rancangan dies bending 2D dan 3D dengan 23 komponen machining dengan gambar kerja telah tervalidasi sesuai dimensi, fungsi dan material. Serta ukuran dari total keseluruhan dies bending adalah 302,3 x 340 x 540 mm. Dengan menggunakan material standart jenis type coil spring swh30-125 berjumlah 4 pcs, type guide post myap-125 berjumlah 2 pcs, type hook chpl 12x1,75 berjumlah 8 pcs, punch marking type spc6, dan baut pungunci type cap bolt. Selain itu, dihasilkan simulasi tegangan yang menunjukkan kelayakan desain dies secara struktural, dengan nilai pada punch bending satu sebesar 796 MPa dan punch bending dua sebesar 876,5 MPa. Nilai tegangan yang dihasilkan masih dalam batas elastis pada nilai yield strength material SKD11 sebesar 1.010 MPa. Perhitungan gaya tekan aktual untuk proses bending sebesar 1.5 ton juga menunjukkan bahwa desain masih dalam batas aman operasional mesin press berkapasitas 60 ton yang digunakan. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan desain bending untuk proses pembentukan layak secara teknis secara rancangan dan komponen pembentukan yaitu punch bending satu dan punch bending dua sesuai spesifikasi material yang digunakan. Serta, memiliki potensi bisa mengoptimalkan perancangan desain tooling dies dalam menentukan layout proses / konsep modelling awal dan untuk menentukan pemilihan material standar harus sesuai dengan fungsi dan dimensi. Kata Kunci : Dies, bending, simulasi tegangan, punch bending 1 dan punch bending 2, computer aided design, computer aided engineering.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Teknologi Rekayasa Otomotif
Depositing User: Whisnu Dwi Prasetiyo
Date Deposited: 26 Nov 2025 04:02
Last Modified: 26 Nov 2025 04:02
URI: http://repository.stmi.ac.id/id/eprint/1599

Actions (login required)

View Item View Item