Alif, Genta Nurindra (2025) Modifikasi Stamping Dies Pada Part Plate Floor Side Rail Rh 57421 – Bz110 - H Untuk Meminimalisasi Spatter. Diploma thesis, Politeknik STMI Jakarta.
|
Text
2921006_Genta Nurindra Alif_Abstrak.pdf - Accepted Version Download (363kB) |
|
|
Text
2921006_Genta Nurindra Alif_TA.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (63MB) |
|
|
Text
2921006_Genta Nurindra Alif_Turnitin.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (20MB) |
|
|
Text
2921006_Genta Nurindra Alif_Dapus.pdf - Bibliography Download (137kB) |
Abstract
Spot Welding atau pengelasan titik merupakan salah satu metode pengelasan resistansi yang digunakan untuk menyambungkan dua atau lebih lembaran logam. Dalam proses Spot Welding sering kali terdapat defect yang merugikan. Salah satu defect pada Welding yang merugikan keselamatan adalah Spatter. Spatter merupakan percikan logam cair yang terlempar dari area las akibat pelelehan yang tidak terkendali. Spatter sering kali terjadi ketika parameter pengelasan tidak diatur dengan tepat, sehingga menyebabkan pemanasan berlebih pada material yang dilas, pengaruh jarak yang terlalu besar, aliran arus listrik menjadi kurang efektif untuk menciptakan panas yang merata. Terdapat permintaan customer yaitu mengurangi terjadinya Spatter ketika Part Stamping dilakukan Assembly dengan Spot Welding. Oleh karena itu, dilakukan Peningkatan kualitas pada dies Stamping guna menghasilkan produk Stamping yang dapat mengurangi Spatter saat dilakukan Spot Welding. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi penyebab munculnya spatter saat proses spot welding menentukan dimensi yang tepat pada part Stamping sehingga tidak menghasilkan Spatter saat dilakukan Spot Welding dan mengetahui efektivitas dari modifikasi dies terhadap munculnya spatter saat proses spot welding. Metode yang dilakukan adalah finding root cause, Analisis Part, menentukan point tuning dies & tuning dies, Trial dies hasil Peningkatan kualitas, Analisis Part hasil Trial, dan Trial Spot Welding. Data primer yang digunakan dalam penelitian adalah Data point spot Spatter, Inspection standard, Inspection record ter-update, dan Data scan FARO. Kesimpulan dari penelitian adalah Spatter berhasil diidentifikasi melalui observasi langsung selama proses assembly spot welding, pengecekan menyeluruh terhadap akurasi dimensi part serta kesesuaian antar single part. Hasil dari pengecekan tersebut menunjukkan adanya ketidaksesuaian antar single part, yaitu ditemukannya gap antar single part dengan range antara 1,2 mm hingga 1,7 mm. Salah satu parameter utama yang harus dikendalikan adalah gap antar single part yaitu berada dalam range 0 hingga 0,3 mm. Hasil modifikasi pada dies dinyatakan berhasil yang dibuktikan dengan menurunnya point spatter dari 8 point spot spatter hingga 0 point spot spatter. Kata kunci: Stamping dies, plate floor side rail rh 57421 – bz110 – h, Spatter, peningkatan kualitas
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | Teknologi Rekayasa Otomotif |
| Depositing User: | Unnamed user with username admin_perpus |
| Date Deposited: | 25 Nov 2025 02:17 |
| Last Modified: | 25 Nov 2025 02:17 |
| URI: | http://repository.stmi.ac.id/id/eprint/1595 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
