Perancangan Press Dies Dan Analisis Potensial Problem Pada Pembentukan Panel Side Body Inner

Aulia, Hilza Firmansyah (2025) Perancangan Press Dies Dan Analisis Potensial Problem Pada Pembentukan Panel Side Body Inner. Diploma thesis, Politeknik STMI Jakarta.

[img] Text
2921027_Hilza Firmansyah Aulia_Abstrak.pdf - Accepted Version

Download (164kB)
[img] Text
2921027_Hilza Firmansyah Aulia_TA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
2921027_Hilza Firmansyah Aulia_Turnitin.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)
[img] Text
2921027_Hilza Firmansyah Aulia_Dapus.pdf - Bibliography

Download (141kB)

Abstract

Panel side body inner merupakan komponen struktural kendaraan yang terletak di bagian dalam bodi mobil dan tertutup oleh panel outer body. Pembuatan panel ini dilakukan melalui proses sheet metal forming dengan teknologi press dies, yang bekerja berdasarkan prinsip penekanan untuk pemotongan dan pembentukan material. Namun, dalam proses tersebut berpotensi muncul cacat seperti crack, wrinkle, dan thinning yang dapat memengaruhi kualitas produk. Penelitian ini bertujuan untuk merancang press dies untuk panel side body inner serta menganalisis potensi cacat selama proses pembentukan. Metode penelitian meliputi perancangan press dies meliputi perhitungan blank size, penentuan gaya proses, penentuan mesin press, pembuatan konsep hingga part list, proses ini juga dibantu dengan software berbasis CAD. Penelitian ini juga melakukan analisis proses pembentukan panel menggunakan Finite Element Method (FEM) berbasis software Computer Aided Engineering (CAE) dengan 2 jenis element yaitu shell element (surface & mesh) dan solid element. Penelitian ini menghasilkan dua rancangan press dies yaitu OP 10 draw dan OP 20 trim piericing, dengan memiliki spesifikasinya masing – masing. OP 10 draw menunjukkan kebutuhan gaya proses dimana nilai drawing force sebesar 800 kN dan blank holder force antara 89–100 kN, dengan total gaya 900 kN serta kebutuhan gaya pada mesin press sebesar 1200 kN, sehingga mesin press yang digunakan adalah H&F 6000. Sedangkan OP 20 trim piercing menunjukkan kebutuhan gaya proses dimana nilai cutting force sebesar 700 kN dan pad force 70 kN dengan gaya total sebesar 770 kN serta kebutuhan gaya pada mesin press sebesar 1100 kN, sehingga mesin press yang digunakan ialah H&F 5000. Hasil analisis simulasi menunjukkan dengan gaya 1200 kN menggunakan elemen surface, mesh dan solid tidak terjadi crack selama pembentukan dan crack muncul pada gaya 4700 kN untuk solid elemen dan 4800 kN untuk surface dan mesh, sehingga ditentukan batas aman gaya pembentukan untuk panel side body inner ialah kurang dari 4700 kN. Pada gaya 1200 kN ukuran wrinkle maksimum sebesar 0,055 mm pada solid element, dan wrinkle hanya muncul di area tepi luar produk yang mana tidak terdapat wrinkle pada area utama produk. Penipisan maksimum tercatat sebesar 0,115 mm dengan ketebalan akhir 0,885 mm Ketika menggunakan elemen mesh, ketebalan tersebut masih dalam batas toleransi ±0,25 mm. Dengan demikian berdasarkan analisis yang dilakukan, rancangan press dies yang dikembangkan terbukti mampu menghasilkan panel side body inner yang bebas cacat. Kata kunci: Press Dies, Side Body Inner, FEM, Crack, Wrinkle, Thinning, CAD, CAE

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Teknologi Rekayasa Otomotif
Depositing User: Unnamed user with username admin_perpus
Date Deposited: 24 Nov 2025 04:35
Last Modified: 24 Nov 2025 04:35
URI: http://repository.stmi.ac.id/id/eprint/1593

Actions (login required)

View Item View Item