Rancang Bangun Jig Hub Sub-Assy Untuk Perakitan Part Torsion Spring Pada Hub Plate Di PT Aisin Indonesia

Saputra, Guntur (2025) Rancang Bangun Jig Hub Sub-Assy Untuk Perakitan Part Torsion Spring Pada Hub Plate Di PT Aisin Indonesia. Diploma thesis, Politeknik STMI Jakarta.

[img] Text
2921043_Guntur Sautra_Abstrak.pdf - Accepted Version

Download (364kB)
[img] Text
2921043_Guntur Saputra_TA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
2921043_Guntur Saputra_Turnitin.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)
[img] Text
2921043_Guntur Saputra_Dapus.pdf - Bibliography

Download (143kB)

Abstract

PT Aisin Indonesia merupakan perusahaan manufaktur komponen otomotif yang mendukung pengembangan teknologi kendaraan hybrid. Salah satu produk utamanya adalah Hybrid Vehicle Damper (HVD), yaitu komponen pada sistem transmisi yang berfungsi meredam getaran saat perpindahan tenaga antara mesin berbahan bakar dan motor listrik. Seiring peningkatan daya saing, PT Aisin Indonesia merancang line produksi baru untuk model HVD 26XX, yang terdiri dari tahapan preparation, washing, sub-assy, dan assembly. Pada tahapan sub-assy, terdapat proses perakitan antara komponen torsion spring dan hub plate. Torsion spring berfungsi meredam getaran saat perpindahan tenaga, sedangkan hub plate berperan sebagai dudukan. Proses ini membutuhkan akurasi dan kestabilan untuk menjamin kualitas dan kesesuaian produk. sehingga diperlukan alat bantu berupa jig Hub Sub-Assy. Alat bantu jig Hub Sub-Assy dirancang khusus agar komponen tetap stabil, tidak bergeser saat pemasangan, dan memudahkan operator mencapai hasil perakitan yang presisi. Penelitian ini bertujuan merancang jig Hub Sub-Assy sebagai alat bantu perakitan menggunakan metode desain rekayasa, yang meliputi pengumpulan data teknis, perancangan 3D dengan Autodesk Inventor, pemilihan komponen berdasarkan katalog Misumi, serta simulasi gerakan menggunakan metode motion study. Jig ini dilengkapi dengan slide block, guide block, dan stopper block untuk menjaga posisi dan kestabilan komponen selama proses berlangsung. Validasi dilakukan berdasarkan lima aspek: Safety, Setup & Operability, Maintenance, Failure Prevention, dan Quality. Selain itu, dilakukan penentuan gaya linier dari silinder pneumatik, dan evaluasi torsi yang dihasilkan. Hasil menunjukkan bahwa aktuator pneumatik tipe CDQ2B125-125DCMZ dengan tekanan 0,2 MPa mampu menghasilkan torsi sebesar 250,84 Nm, melebihi total kebutuhan torsi sebesar 160,8 Nm dari empat torsion spring. Validasi dilakukan melalui uji coba simulasi dan langsung pada line produksi. Uji coba awal menunjukkan tingkat reject 30% akibat pengaturan stroke yang tidak tepat, namun setelah penyesuaian pengaturan stroke, hasil menunjukkan tingkat reject 0%. Secara keseluruhan, Jig Hub Sub-Assy setelah penyesuain pengaturan stroke terbukti mampu menjaga kestabilan dan ketepatan dalam proses pemasangan torsion spring pada hub plate, serta hasil kualitas produksi HVD model 26XX. Kata Kunci: Hybrid Vehicle Damper, jig hub sub-assy, torsion spring, hub plate, perakitan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Teknologi Rekayasa Otomotif
Depositing User: Whisnu Dwi Prasetiyo
Date Deposited: 10 Nov 2025 04:01
Last Modified: 10 Nov 2025 04:01
URI: http://repository.stmi.ac.id/id/eprint/1568

Actions (login required)

View Item View Item