Warendra, Muhammad Fikri Nur Iman (2025) REDESAIN LAYOUT RUNNER MOLD KOMPONEN FUEL FILLER CAP SEPARATOR DENGAN SIMULASI MOLDFLOW. Diploma thesis, Politeknik STMI Jakarta.
|
Text
2921047_Muhammad Fikri Nur Iman Warendra_Abstrak.pdf - Accepted Version Download (184kB) |
|
|
Text
2921047_Muhammad Fikri Nur Iman Warendra_TA.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
|
Text
2921047_Muhammad Fikri Nur Iman Warendra_Turnitin.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
|
|
Text
2921047_Muhammad Fikri Nur Iman Warendra_Dapus.pdf - Bibliography Download (227kB) |
Abstract
Proses injection molding merupakan metode produksi yang banyak digunakan dalam industri otomotif karena mampu menghasilkan komponen plastik dengan bentuk kompleks, waktu siklus yang singkat, serta presisi dimensi dan kualitas permukaan yang baik. Namun, pada cetakan multi-cavity, sering terjadi ketidak seimbangan aliran material yang menyebabkan perbedaan tekanan antar cavity. Ketidak seimbangan ini dapat memicu terbukanya cetakan saat proses injeksi berlangsung, sehingga timbul cacat seperti flash. Masalah tersebut ditemukan pada proses produksi komponen fuel filler cap separator di PT XYZ, di mana penggunaan runner tradisional (lurus) menyebabkan tingkat cacat mencapai 17% yaitu 3862 NG terdiri dari flash 2470 (10.87%) dan overcut 1392 (6.13%). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tiga desain layout runner, yaitu tradisional, tipe X, dan tipe H, guna menentukan desain yang paling optimal dalam mendistribusikan aliran material secara merata dan meminimalisir cacat flash. Komponen yang diteliti menggunakan material Nylon Akulon F223-D dan cetakan delapan cavity. Simulasi dilakukan secara virtual menggunakan perangkat lunak Autodesk Moldflow Adviser 2024 dengan variasi tekanan injeksi 90, 100, 110, 120 dan 125 MPa. Parameter proses (Melt Temprerature, Mold Temperature, V/P Switch-over, Machine Injection Time, Clamp Open Time) disamakan agar perbandingan antar desain objektif. Empat parameter utama yang dianalisis adalah fill time, injection pressure, quality prediction, dan clamping force. Hasil simulasi menunjukkan bahwa runner tipe X memberikan hasil paling baik dengan fill time tercepat 2,257 detik, tekanan injeksi terendah 38,37 MPa, area kualitas tinggi terbesar 88,8%, dan clamping force terendah 183,21 kN. Runner X ini terbukti memberikan aliran material yang paling seimbang dan menghasilkan cetakan berkualitas tinggi dengan risiko cacat paling rendah. Kata kunci: Injection molding, runner system, Moldflow, multi-cavity, desain runner, simulasi, fuel filler cap separator, flash.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | Teknologi Rekayasa Otomotif |
| Depositing User: | Whisnu Dwi Prasetiyo |
| Date Deposited: | 10 Nov 2025 03:49 |
| Last Modified: | 10 Nov 2025 03:49 |
| URI: | http://repository.stmi.ac.id/id/eprint/1567 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
