Ma'ruf, Muhammad Irvan Tantyagus (2025) PENENTUAN PARAMETER INJEKSI UNTUK MENGATASI DEFORMASI PADA HASIL TRIAL MOLD COVER SEAT PROTECTOR. Diploma thesis, Politeknik STMI Jakarta.
|
Text
2921052_Muhammad Irvan Tantyagus Ma'ruf_Abstrak.pdf - Accepted Version Download (62kB) |
|
|
Text
2921052_Muhammad Irvan Tantyagus Ma'ruf_TA.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
|
Text
2921052_Muhammad Irvan Tantyagus Ma'ruf_Turnitin.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
|
|
Text
2921052_Muhammad Irvan Tantyagus Ma'ruf_Dapus.pdf - Bibliography Download (149kB) |
Abstract
Proses injection molding merupakan salah satu metode manufaktur utama yang banyak digunakan dalam industri otomotif untuk memproduksi komponen berbahan plastik. Salah satu tantangan utama dalam proses ini adalah potensi terjadinya cacat produk berupa deformasi pada part hasil produksi. Deformasi merupakan perubahan bentuk yang menyebabkan hasil akhir tidak sesuai dengan spesifikasi desain yang telah ditetapkan, seperti yang terjadi pada part cover seat protector yang memiliki batas toleransi penyimpangan ukuran sebesar 0,1 mm, sedangkan part cover seat protector memiliki penyimpangan dimensi rata-rata terbesar 1,23 mm. Permasalahan deformasi tersebut disebabkan oleh desain mold yang kurang optimal, serta dipengaruhi oleh parameter proses injeksi seperti tekanan injeksi, suhu, dan flow rate. Penelitian ini bertujuan untuk meminimalkan deformasi dan meningkatkan kualitas produk sebelum memasuki tahap produksi massal. Pendekatan yang digunakan meliputi analisis simulasi moldflow, melakukan optimalisasi parameter proses injeksi dengan membandingkan sebanyak 27 kombinasi parameter dan dilanjutkan dengan modifikasi desain mold dengan dengan merubah radius core menjadi 0,25 mm dari semula 0,5 mm. Pada hasil simulasi menggunakan parameter injeksi 1 sudah tidak terlihat deformasi, validasi hasil simulasi moldflow tersebut dilakukan melalui uji coba produksi (trial) menggunakan parameter injeksi 1, yaitu tekanan injeksi 90% atau 179,1 MPa, temperatur mold 49 °C, dan flowrate 33,6 cm³/s, hasil trial masih terdapat nilai penyimpangan yang melebihi batas nilai toleransi dengan nilai penyimpangan terkecil tercatat pada titik B section B-B sebesar 0,05 mm, dan terbesar pada titik C section B-B sebesar 0,19 mm. Berdasarkan hasil tersebut dilakukan simulasi dengan parameter injeksi 2 dan kembali dilakukan trial dengan parameter injeksi 2, yaitu tekanan injeksi 80% atau 159,2 MPa, temperatur mold 45 °C, dan flowrate 22,4 cm³/s, hasil trial menggunakan parameter injeksi 2 memiliki nilai penyimpangan terkecil yang terdapat di titik A section A-A sebesar 0,02 mm, dan terbesar di titik C section B-B sebesar 0,10 mm. Berdasarkan hasil trial menggunakan parameter injeksi 2, part cover seat protector telah mendapatkan persetujuan dari pihak customer dan dinyatakan layak untuk diproduksi secara massal. Kata kunci: Injection molding, deformasi, parameter injeksi, desain mold, moldflow
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | Teknologi Rekayasa Otomotif |
| Depositing User: | Whisnu Dwi Prasetiyo |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 03:19 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 03:19 |
| URI: | http://repository.stmi.ac.id/id/eprint/1556 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
