Hasanah, Shiva Nisrina (2025) Rancang Bangun Jig Assy Untuk Mendukung Proses Produksi Produk Hybrid Vehicle Damper Di Pt Aii. Diploma thesis, Politeknik STMI Jakarta.
|
Text
2921008_Shiva Nisrina Hasanah_Abstrak.pdf - Accepted Version Download (472kB) |
|
|
Text
2921008_Shiva Nisrina Hasanah_TA.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
|
|
Text
2921008_Shiva Nisrina Hasanah_Turnitin.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (25MB) |
|
|
Text
2921008_Shiva Nisrina Hasanah_Dapus.pdf - Bibliography Download (158kB) |
Abstract
Industri otomotif saat ini mengalami transformasi besar, terutama pada peningkatan kendaraan ramah lingkungan seperti kendaraan hybrid. Pada sistem penggerak kendaraan hybrid, terdapat komponen penting yaitu Hybrid Vehicle Damper (HVD) yang merupakan inovasi baru pada sistem kopling untuk menghubungkan dan memutuskan transmisi antar mesin pembakaran internal motor listrik kendaraan hybrid. PT AII merupakan sebagai perusahaan dibidang manufaktur otomotif yang mengembangkan produk HVD model terbaru yaitu 2XXY. Produksi HVD 2XXY dilakukan di process layout baru yang mecakup tahapan Preparation, Washing, Sub Assy, dan Assembly. Selama proses produksi, part HVD tidak diperbolehkan dipindahkan secara langsung dengan tangan karena dapat berpotensi karat yang berdampak pada kuliatas produk. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dilakukan analisis kebutuhan menggunakan diagram fishbone dengan pendekatan faktor 4M (Man, Material, Machine, Methode). Berdasarkan hasil analisis, dirancanglah alat bantu berupa Jig Assy yang berfungsi memposisikan, mengarahkan, dan menopang part produk HVD diarea tahapan Assembly khususnya Pos 2 dan Pos 3. Rancang Bangun Jig Assy menggunakan Metode Desain Rekayasa (Engineering Design Methodology) yang mencakup identifikasi kebutuhan, studi lapangan, penentuan konsep desain dengan mempertimbangkan berbagai faktor krusial, pembuatan prototype, proses manufatur hingga uji coba. Faktor krusial tersebut seperti karakteristik produk HVD 2XXY, pemilihan bahan material, area kontak dengan produk (touching area), serta aspek keselamatan operator saat menggunakan jig tersebut. Selain itu, rancang bangun Jig Assy dilengkapi dengan adanya perhitungan tegangan tekan izin maksimum untuk validasi kekuatan material dengan safety factor sebesar 1,5, sesuai kondisi struktur statis ringan saat menerima beban kerja, dengan hasil yaitu Chuck Sub Assy sebesar 0,254 Mpa, Transfer Jig Assy sebesar 0,0025 Mpa, dan Jig Handling sebesar 0,215 Mpa. Selain itu, jig ini dilengkapi gaya pegas sebagai penggerak mekanis untuk menjaga kestabilan saat proses penjeputan dan pencekaman. Hasil akhir dari rancang bangun Jig Assy berupa uji coba di process layout HVD 2XXY untuk menunjukkan mekanisme kerja alat bantu yang fungsional, aman dan disertai Work Instruction (WI) sebagai panduan teknis Jig Assy dengan penggunaan yang akurat. Kata Kunci: Rancang bangun jig, Hybrid Vehicle Damper (HVD), Jig Assy, Metode Desain Rekayasa (Engineering Design Methodology), Work Instruction.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | Teknologi Rekayasa Otomotif |
| Depositing User: | Whisnu Dwi Prasetiyo |
| Date Deposited: | 05 Nov 2025 04:20 |
| Last Modified: | 05 Nov 2025 04:20 |
| URI: | http://repository.stmi.ac.id/id/eprint/1551 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
