Elisabeth, Patricia Angelin (2025) Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Dengan Metode SWOT dan QSPM Pada PT Ganding Toolsindo. Diploma thesis, Politeknik STMI Jakarta.
| ![[img]](http://repository.stmi.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text 1721061_Patricia Angelin Elisabeth_Abstrak.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (213kB) | 
| ![[img]](http://repository.stmi.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text 1721061_Patricia Angelin Elisabeth_TA.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | 
| ![[img]](http://repository.stmi.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text 1721061_Patricia Angelin Elisabeth_Turnitin.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (13MB) | 
| ![[img]](http://repository.stmi.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text 1721061_Patricia Angelin Elisabeth_Dapus.pdf - Accepted Version Download (183kB) | 
Abstract
Salah satu sektor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di dunia adalah industri otomotif sama hal nya dengan Indonesia yang dimana industri otomotif mempengaruhi pertumbuhan ekonomi. Banyaknya persaingan yang ketat, pasar otomotif mengalami fluktuasi yang signifikan. Seperti yang terjadi pada PT Ganding Toolsindo. Dengan mengalami flukutuasi yang signifikan selama dua tahun kebelakang ini, yakni pada tahun 2023-2024. Oleh karena itu dibutuhkan analisis strategi pemasaran yang tepat, guna menjaga pemakaian jasa agar tetap stabil dan semakin naik. Penelitian ini menerapkan metode penelitian kualitatif dengan analisis kuantitatif. Untuk pengambilan sampel dilakukan dengan metode wawancara Board Of Directors (BOD) oleh para pakar. Analisis data yang akan digunakan pada penelitian ini adalah matriks IFE, matriks EFE, matriks SWOT dan QSPM. Analisis IFE menghasilkan skor 2,45 dan Analisis EFE menghasilkan skor 3,19. Tiga strategi prioritas dianalisis menggunakan QSPM: ""Memberikan potongan harga khusus"" (skor STAS 6,47), ""Memperbanyak event promosi"" (skor 6,38), dan ""Memberikan garansi tepat waktu"" (skor 6,31). Hasil menunjukkan PT Ganding Toolsindo memiliki fondasi solid dengan maintenance handal dan harga kompetitif, namun menghadapi kelemahan operasional kritis. Rekomendasi meliputi implementasi sistem pricing fleksibel, peningkatan aktivitas promosi melalui pameran industri, pemberian garansi ketepatan waktu, modernisasi sistem operasional, dan diversifikasi konsumen. Kata kunci: Strategi pemasaran, SWOT, QSPM, peningkatan penjualan penggunaan jasa percetakan.
| Item Type: | Thesis (Diploma) | 
|---|---|
| Subjects: | Administrasi Bisnis Otomotif | 
| Depositing User: | Whisnu Dwi Prasetiyo | 
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 02:44 | 
| Last Modified: | 28 Oct 2025 02:44 | 
| URI: | http://repository.stmi.ac.id/id/eprint/1523 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
 
        