Agustinus, Cornellius Ruhut (2025) Perancangan Dies Dan Simulasi Bending Op 20 Untuk Produk Bracket Fr Seat Fr Outside Di Pt Xyz. Diploma thesis, Politeknik STMI Jakarta.
![]() |
Text
2921036_Cornellius Ruhut Agustinus_Abstrak.pdf - Accepted Version Download (199kB) |
![]() |
Text
2921036_Cornellius Ruhut Agustinus_TA.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text
2921036_Cornellius Ruhut Agustinus_Turnitin.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
![]() |
Text
2921036_Cornellius Ruhut Agustinus_Dapus.pdf - Bibliography Download (180kB) |
Abstract
Bracket FR seat FR outside merupakan produk yang dibuat di PT XYZ dengan proses blank, piercing, dan bending yang menggunakan 3 kontruksi dies yaitu 1 compound dan 2 combination dies dan memakai 3 mesin press. Perancangan ini dilakukan berdasarkan permintaan dari customer, dimana dies dan produk bracket FR seat FR outside belum pernah di buat sehingga dilakukan perancangan dies yang berdasarkan permintaan dari customer dan dies di operasikan di mesin 110 ton. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan spesifikasi teknis rancangan dies yang digunakan dalam proses produksi komponen bracket FR Seat FR Outside. Selain itu, pemilihan komponen standar yang tepat juga dilakukan untuk memastikan tingkat presisi yang tinggi serta kemudahan dalam proses perakitan dies. Simulasi proses bending menggunakan perangkat lunak simulasi untuk memprediksi hasil pembentukan dan mengidentifikasi potensi cacat, seperti springback, yang dapat memengaruhi kualitas produk akhir. Metode penelitian ini dilakukan dengan proses perancangan dari identifikasi kebutuhan teknis, perhitungan bentangan material, penentuan clearance, pemilihan komponen standar, perhitungan gaya proses, dan pembuatan model CAD 3D dan simulasi bending. Simulasi berfokus pada proses OP20, yaitu proses bending 1 dan 2, yang berpotensi munculnya cacat springback. Hasil dari perancangan desain dies yang di dapatkan untuk komponen bracket FR seat FR outside terdiri dari tiga tahapan proses yaitu blank, piercing, dan bending. OP 10 menggunakan dies berukuran 600 x 500 x 345 mm, berat 322,9 kg, dan membutuhkan tonase mesin 49 ton, menggunakan spring SWH 30-55 dan hook CHPL-32. OP 20 memakai dies berukuran 850 x 470 x 345 mm, berat 430 kg, tonase 3 ton, dengan lima spring SWM 35-125, enam spring SWH 30-150, dan hook CHPL-32. OP 30 menggunakan dies 640 x 400 x 345 mm, berat 275,5 kg, tonase 6 ton, tiga spring SWH 30-175, empat spring SWM 30-55, dan hook CHPL-32. Hasil simulasi didapatkan nilai simulasi 0,575 mm. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perancangan dies sudah sesuai dengan spesifikasi dies untuk produksi bracket FR seat FR outside dan membuktikan bahwa desain dies sudah memenuhi spesifikasi yang diminta oleh customer. Kata kunci: Perancangan dies, bending, bracket fr seat fr, simulasi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Teknologi Rekayasa Otomotif |
Depositing User: | Whisnu Dwi Prasetiyo |
Date Deposited: | 21 Aug 2025 04:34 |
Last Modified: | 21 Aug 2025 04:34 |
URI: | http://repository.stmi.ac.id/id/eprint/1428 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |