Koswara, Lidia Angelica (2025) Digitalisasi Proses Service Booking Untuk Meningkatkan Efisiensi Waktu di PT Batavia Bintang Berlian. Diploma thesis, Politeknik STMI Jakarta.
![]() |
Text
1321056_Lidia Angelica Koswara_Abstrak.pdf - Accepted Version Download (189kB) |
![]() |
Text
1321056_Lidia Angelica Koswara_TA.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
![]() |
Text
1321056_Lidia Angelica Koswara_Turnitin.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (36MB) |
![]() |
Text
1321056_Lidia Angelica Koswara_Dapus.pdf - Bibliography Download (158kB) |
Abstract
Pt batavia bintang berlian merupakan salah satu dealer resmi kendaraan mitsubishi yang menyediakan layanan 3s (sales, service, dan sparepart). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan nyata yang ditemukan penulis selama menjalani prakerin. Permasalahan tersebut juga diperkuat melalui wawancara dengan ibu eka selaku customer service officer, yang menyatakan bahwa kendala berikut sering terjadi dalam kegiatan operasional. Permasalahan yang dihadapi antara lain, pencatatan service booking masih dilakukan secara tertulis saat customer melakukan pemesanan melalui telepon, sehingga rawan terjadi kesalahan penulisan dan keterlambatan informasi karena harus dikonfirmasi ulang secara langsung atau melalui whatsapp kepada service advisor, sparepart, service manager dan pencatatan layanan home service yang dimana data sudah di input ke dms juga masih dilakukan pencatatan di form storing, sehingga menimbulkan kejadian hilangnya form storing apabila tidak dikembalikan oleh mekanik, serta dokumentasi pekerjaan home service masih dilakukan dengan mengirimkan foto melalui grup whatsapp, hal ini telah menimbulkan banyaknya foto terhapus, tidak tersimpan dengan baik lalu sulit diakses kembali saat dibutuhkan. Untuk mengatasi hal tersebut, penelitian ini bertujuan mengembangkan sistem service booking berbasis web. Sistem dirancang menggunakan metode waterfall, dengan perancangan sistem meliputi use case diagram, activity diagram, sequence diagram, dan class diagram. Pemodelan data dilakukan dengan entity relationship diagram dan kamus data. Sistem ini dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman php. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem yang dikembangkan mampu membuat customer input data secara langsung di sistem, penyimpanan form storing secara digital, serta dokumentasi bukti pekerjaan yang lebih mudah diakses. Meskipun sistem sudah ada, pengembangan lebih lanjut masih diperlukan untuk membantu kebutuhan operasional yang lebih kompleks dan meningkatkan kenyamanan customer. Kata kunci: digitalisasi, sistem service booking, home service, dealer visit, efisiensi, transparansi layanan, waterfall
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Sistem Informasi Industri Otomotif |
Depositing User: | Whisnu Dwi Prasetiyo |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 00:24 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 00:24 |
URI: | http://repository.stmi.ac.id/id/eprint/1419 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |