Analisis Perencanaan Penjualan Melalui Penerapan Metode Break Even Point Pada Perusahaan CV D&D Jaya

Safrina, Safrina (2016) Analisis Perencanaan Penjualan Melalui Penerapan Metode Break Even Point Pada Perusahaan CV D&D Jaya. Diploma thesis, Politeknik STMI Jakarta.

[img] Text
1712117 - SAFRINA.pdf

Download (5MB)

Abstract

Perusahaan CV D&D Jaya merupakan industri AMDK (Air Minum Dalam Kemasan). Perusahaan ini berdiri pada tahun 2006, yang didirikan oleh Bapak Slamet Waluyo. Permasalahan yang dihadapi perusahaan yaitu berapa penjualan yang harus dipertahankan agar tidak mengalami kerugian, perencanaan penjualan yang harus dicapai, batas aman penurunan penjualan, dan penggolongan biaya.Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dengan menggunakan metode Break Even Point. Analisa break even point adalah suatu teknik yang digunakan oleh manajemen untuk mengetahui tingkat penjualan tertentu sehingga tidak mengalami laba dan tidak pula mengalami kerugian. Penggunaan analisa break even ini dimaksudkan agar manajemen dapat mengetahui pada tingkat penjualan berapakah perusahaan mengalami impas, sehingga manajemen dapat mengambil keputusan untuk merencanakan target penjualan diatas penjualan minimal. Hasil analisis sebagai berikut: (1)BEP total dari tahun 2011 sampai 2016 yaitu sebesar Rp1.718.906.018, Rp1.891.775.572,Rp2.530.412.020,Rp1.677.314.960,Rp1.610.702.738,Rp1.574.782. 781. (2)perusahaan meramalkan penjualan yaitu sebesar 268.309 unit pendapatan sebesar Rp3.873.625.000, serta menargetkan laba sebesar Rp1.543..821.351 maka volume penjualan yang harus terjual sebesar 273.398 unit pendapatan sebesar Rp.4.600.811.000.(3) Margin of Safety total tahun 2011 sampai 2016 yaitu 60%, 50%, 37%, 56%, 57%, 57%. (4) klasifikasi biaya yang dikeluarkan dari tahun 2011 sampai 2016 yaitu 2011( FC= Rp756.318.648, VC= Rp1.992.570.152), 2012 (FC= Rp756.710.229,VC=Rp2.044.657.941),2013(FC=Rp759.123.606,VC=Rp2.672.101.7 54), 2014 (FC= Rp754.791.732, VC= Rp2.129.769.988), 2015(FC= Rp757.030.287, VC= Rp 2.100.260.913), 2016 (FC= Rp755.895.735, VC= Rp 2.004.320.465). Kata kunci : Analisis Break Even Point, Perencanaan Penjualan, MoS,Biaya

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analisis Break Even Point, Perencanaan Penjualan, MoS,Biaya
Subjects: Administrasi Bisnis Otomotif > Manajemen Bisnis Industri
Depositing User: Nur Halimah
Date Deposited: 21 May 2025 08:02
Last Modified: 21 May 2025 08:02
URI: http://repository.stmi.ac.id/id/eprint/1346

Actions (login required)

View Item View Item