Usulan Perbaikan Kualitas Produk Steering Handle K59 dengan Menggunakan Metode DMAIC di PT Indomitra Sedaya

Marasabessy, Darwis (2015) Usulan Perbaikan Kualitas Produk Steering Handle K59 dengan Menggunakan Metode DMAIC di PT Indomitra Sedaya. Diploma thesis, Politeknik STMI Jakarta.

[img] Text
Darwis Marasabessy_2015_TIO.pdf

Download (55MB)

Abstract

PT Indomitra Sedaya merupakan perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur, yang memproduksi pipa baja dan component maker. Perusahaan ini berlokasi di Jalan Raya Bogor KM 23,8 Cileungsi, Bogor. PT Indomitra Sedaya merupakan salah satu supplier component sepeda motor untuk PT Astra Honda Motor, salah satu produk yang dihasilkan adalah Steering Handle K59. Dari claim yang dilakukan PT Astra Honda Motor, produk Steering Handle K59 merupakan produk dengan jumlah cacat terbanyak. Maka dari itu PT Indomitra Sedaya harus meningkatkan kualitas produk steering handle K59 guna menuruni tingkat claim. Peningkatan kualitas yang baik adalah dengan menerapkan metode perbaikan berkesinambungan, salah satu metodenya adalah DMAIC. Tindakan perbaikan yang perlu dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan bak cairan degreasing selama periode satu bulan sekali agar cairan tidak kotor sehingga cairan dapat bekerja dengan baik untuk membersihkan produk steering handle dari minyak, debu dan kotoran lain. Selain menjaga kebersihan bak degreasing, tindakan perbaikan yang harus dilakukan adalah dengan penambahan proses pembersihan dengan menggunakan cairan kimia yang dapat membersihkan steering handle setelah proses welding. Tindakan perbaikan selanjutnya ialah dengan setting welding set machine sesuai dengan spesifikasi dan kemampuan mesin, serta melakukan pengawasan terhadap kualitas bahan baku yang digunakan terutama bahan baku dari pemasok. Fokus tindakan perbaikan yang lain ialah dengan melakukan pengawasan terhadap SOP (Standard Operational Procedure) yang ada, agar operator bekerja dengan memperhatikan SOP (Standard Operational Procedure). Berdasarkan hasil pengukuran dan analisis, diperoleh nilai kapabilitas proses sebelum perbaikan yaitu 1,17 dan setelah dilakukan perbaikan naik menjadi 1,24, jumlah DPMO (Defect Per Million Opportunities) sebelum perbaikan yaitu 26.080 unit dan setelah perbaikan 9.333 unit, sedangkan level sigma sebelum perbaikan 3,44o sigma dan setelah perbaikan naik menjadi 3,850. Kata Kunci: DMAIC, DPMO, Level Sigma

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: DMAIC, DPMO, Level Sigma
Subjects: Teknik Industri Otomotif > Teknik Manajemen Industri
Teknik Industri Otomotif > Teknik Manajemen Industri
Depositing User: Nur Halimah
Date Deposited: 07 May 2025 07:47
Last Modified: 07 May 2025 07:47
URI: http://repository.stmi.ac.id/id/eprint/1269

Actions (login required)

View Item View Item