Upaya Peningkatan Efisiensi pada Trimming 3 Produksi CJM 1.5 dengan Menggunakan Metode Kayu Haikin dan Yamazumi Chart di PT Krama Yudha Ratu Motor

Roscasari, Astriah (2015) Upaya Peningkatan Efisiensi pada Trimming 3 Produksi CJM 1.5 dengan Menggunakan Metode Kayu Haikin dan Yamazumi Chart di PT Krama Yudha Ratu Motor. Diploma thesis, Politeknik STMI Jakarta.

[img] Text
1110077 - Astriah Roscasari TIO 2015.pdf

Download (34MB)

Abstract

Persaingan di dunia industri saat ini, menuntut setiap perusahaan industri untuk meningkatkan kemampuan produksi. Begitu juga dengan PT Krama Yudha Ratu Motor selalu melakukan perbaikan terus menerus di setiap elemen perusahaannya dimulai dari sistem kerja, penggunaan bahan baku sampai pemanfaatan tenaga kerja. Perusahaan ini memproduksi berbagai tipe kendaraan niaga antara lain tipe Truck Diesel, Fuso, SL dan Car Join Mitsubishi (CJM). Pada salah satu lini yaitu Timming 3 memproduksi mobil jenis niaga merk CJM (Car Join Mitsubishi)terdiri dari 6 stasiun kerja dan 11 operator. Permasalahan yang dialami pada lini tersebut adalah terdapat waktu tunggu yang tinggi. Hal tersebut menyebabkan efiseinesi pada bagian trimming 3 masih rendah karena tidak meratanya pembebanan kerja pada tiap operator. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis untuk mengetahui jumlah tenaga kerja optimal pada trimming 3. Denganmengurangi waktu tunggu dan melakukan pembebanan kerja yang lebih merata pada tiap operator, maka efisiensi pada Trimming 3 dapat meningkat. Data yang dibutuhkan adalah waktu siklus dan elemen kerja untuk tiap operator serta volume produksi dalam satu bulan. Langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah ini adalah menghitung waktu siklus tiap stasiun kerja, menghitung waktu normal dan waktu standar pada tiap stasiun kerja. Kemudian menghitung takt time, menghitung persentase volume permintaan per tiap produk CJM lalu menghitung efisien lini, balance delay dan waktu tunggu di trimming 3 pada kondisi awal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Takt Time, Metode Kaju Haikin, Yamazumi Chart, Pemilihan dan Realokasi Elemen Kerja, Efiseiensi Lini, Balance Delay, Idle Time
Subjects: Teknik Industri Otomotif
Depositing User: Nur Halimah
Date Deposited: 06 May 2025 02:24
Last Modified: 06 May 2025 02:24
URI: http://repository.stmi.ac.id/id/eprint/1254

Actions (login required)

View Item View Item