Nurdien, Ridho Fajar (2024) Perancangan Design Dies Drawing Dan Dies Trimming Piercing Pada Part Fueltank Lower Dengan Menggunakan Finite Element Method Di PT FUJI TECHNICA INDONESIA. Diploma thesis, Politeknik STMI Jakarta.
![]() |
Text
2920018_Ridho Fajar Nurdien_ Abstrak.pdf - Accepted Version Download (190kB) |
![]() |
Text
2920018_Ridho Fajar Nurdien_TA.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text
2920018_Ridho Fajar Nurdien_ Turnitin.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
2920018_Ridho Fajar Nurdien_Dapus.pdf - Bibliography Download (132kB) |
Abstract
PT Fuji Technica Indonesia adalah perusahaan manufaktur yang bergerak di lini bisnis memproduksi Dies Stamping dan komponen otomotif dari hasil percetakan logam (Stamping Part) dengan sistem produksi Make to order dan menerima alih proses produksi komponen dari Customer yang biasa menjadi produk hasil stamping part (G-Part). Salah satu produk yang akan diproduksi oleh perusahaan ini adalah Fueltank Lower merupakan komponen kendaraan roda dua yang terletak di bagian dalam chasis atau jok kendaraan roda dua dengan berfungsi sebagai penyimpan bahan bakar pada kendaraan, untuk estimasi produksi yang akan dilakukan 10.000 Stroke/Month dengan spesifikasi material JSC270D tebal 0.7 mm. Dikarenakan permintaan produksi yang cukup tinggi oleh pihak customer menjadikan acuan perusahaan untuk membuat dies stamping yang mendukung proses produksi. Pada Project kali ini perusahaan mendapatkan order pembuatan dies stamping untuk ahli proses produksi Fueltank Lower dari pihak Customer yang sudah dirangkum dalam MPP (Manufacturing Process Planning) untuk dasar pembuatan dies stamping. Permintaan proses yang akan di produksi kali ini OP10 Drawing (Pembentukan) dan OP20 Trimming-Piercing (Pemotongan). Dalam penelitian ini menggunakan finite element method dilakukan untuk menvalidasi perhitungan gaya proses, pencarian kebutuhan material (blank size), pencarian report simulation process (formability defect), hingga pengurangan scrap material (Budomari) untuk raw material produksi. Hasil dari penelitian mendapatkan hasil pengurangan pengunaan raw material dari permintaan awal 445x400x0.7mm menjadi 405x390x0.7mm dengan pengunaan simulasi menggunakan aplikasi metal forming simulation dalam implementasi pengunaan finite element method dalam pencarian hasil tersebut. Diharapkan pembahasan tugas akhir ini dapat menjadi panduan pembelajaran untuk mahasiswa kedepannya. Kata Kunci: Dies Stamping, Drawing, Trimming-Piercing, Budomari, Fueltank Lower dan Finite Element Method.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Teknologi Rekayasa Otomotif |
Depositing User: | Whisnu Dwi Prasetiyo |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 04:40 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 04:40 |
URI: | http://repository.stmi.ac.id/id/eprint/1248 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |