Malik, Fakhri (2018) SISTEM INFORMASI PENGENDALIAN KUALITAS UNTUK MEMBANTU MENGURANGI JUMLAH CACAT PRODUKSI SEAT REAR SPRING DENGAN METODE SIX SIGMA PADA PT NUSA INDAH JAYA UTAMA. Diploma thesis, Politeknik STMI Jakarta.
![]() |
Text
1314011 - FAKHRI MALIK.pdf Download (2MB) |
Abstract
PT Nusa Indah Jaya Utama merupakan perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur yang memproduksi komponen otomotif yang dipesan dari berbagai pelanggan. Salah satu produk unggulan dari PT Nusa Indah Jaya Utama adalah Seat Rear Spring. Seat Rear Spring merupakan sebuah komponen otomotif yang berada di antara pegas katup dan kepala silinder, fungsinya adalah untuk mencegah kepala silinder aluminium bersentuhan dengan pegas yang dapat menyebabkan keausan. Seat Rear Spring diproduksi dalam jumlah yang besar setiap harinya, dikarenakan tingginya permintaan akan produk ini. Oleh karena itu, kualitas dari produk ini harus selalu terjaga demi terciptanya kepuasan pelanggan. Sebagai perusahaan yang sedang berkembang, PT Nusa Indah Jaya Utama tentunya tidak terlepas dari permasalahan-permasalahan yang terjadi terutama dalam hal pengendalian kualitas, diantaranya kesulitan dalam pencarian data karena banyaknya dokumen yang menumpuk di dalam arsip penyimpanan. Selain itu, belum adanya sistem berbasis komputer yang terintegrasi dengan database yang mengakibatkan kesulitan dalam mengolah data cacat produksi, serta sering terjadinya kehilangan data. Untuk pembuatan laporannya, masih menggunakan Microsoft Excel, sehingga laporan cacat produksi kurang informatif. Masalah lainnya adalah tingginya jumlah cacat produksi yang dihasilkan, mencapai 10% dari total part yang diproduksi setiap bulannya, yang disebabkan oleh kurangnya pengawasan yang dilakukan oleh Kepala Quality Control terhadap kualitas produk. Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan pengembangan suatu sistem informasi pengendalian kualitas untuk membantu mengurangi jumlah cacat produksi Seat Rear Spring dengan Metode Six Sigma. Aplikasi yang dibangun diharapkan dapat membantu perusahaan dalam mengelola setiap data cacat produksi yang ada, serta membantu membuat laporan cacat produksi menjadi lebih informatif, dengan menyediakan informasi jumlah cacat berdasarkan jenisnya, serta nilai DPMO (Defect Per Million Opportunities) dan sigma, yang dapat menjadi acuan untuk peningkatan kualitas pada periode berikutnya. Selain itu, dengan penerapan Metode Six Sigma dapat diketahui persentase cacat terbesar yang harus diminimalisir sehingga jumlah cacat produksi yang dihasilkan dapat berkurang. Kata Kunci : Sistem Informasi, Pengendalian Kualitas, Six Sigma, DPMO (Defect Per Million Opportunities).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem Informasi, Pengendalian Kualitas, Six Sigma, DPMO (Defect Per Million Opportunities). |
Subjects: | Sistem Informasi Industri Otomotif |
Depositing User: | Nur Halimah |
Date Deposited: | 10 Apr 2025 07:10 |
Last Modified: | 10 Apr 2025 07:10 |
URI: | http://repository.stmi.ac.id/id/eprint/1235 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |