Perancangan Dies Bending Double Cavity Part Bracket Radiator dengan Metode Pahl-Beitz untuk Memenuhi Permintaan Pelanggan di PT Metindo Era Sakti

Buku, Emanuel Due (2024) Perancangan Dies Bending Double Cavity Part Bracket Radiator dengan Metode Pahl-Beitz untuk Memenuhi Permintaan Pelanggan di PT Metindo Era Sakti. Diploma thesis, Politeknik STMI Jakarta.

[img] Text
2920008_EMANUEL DUE BUKU_Abstrak - Emanuel Due.pdf - Accepted Version

Download (10kB)
[img] Text
2920008_EMANUEL DUE BUKU_TA - Emanuel Due.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
2920008_EMANUEL DUE BUKU_Turnitin - Emanuel Due.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
2920008_EMANUEL DUE BUKU_Dapus -.pdf - Bibliography

Download (7kB)

Abstract

PT Metindo Era Sakti adalah perusahaan yang memproduksi dies bending untuk proses stamping part bracket radiator yang berfungsi sebagai komponen penyangga posisi radiator pada kendaraaan roda dua. Permintaan pembuatan dies bending ini menggunakan konsep double cavity sehingga menghasilkan dua part dalam sekali stroke. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah dies bending dengan desain yang inovatif dan efisien dengan konsep desain double cavity, agar dapat memenuhi permintaan pelanggan. Dalam penelitian ini, permasalahan atau tantangan yang dihadapi adalah bagaimana menjaga kualitas dua part hasil bending dalam sekali stroke tetap sama. Beberapa faktor yang menjadi tuntutan pelanggan dalam rancangan dies bending dengan konsep double cavity diantaranya seperti kemudahan maintenance, stabilitas proses dan kualitas hasil yang konsisten dan bebas dari cacat. Proses perancangan dilakukan dengan metode perancangan produk menurut Pahl dan Beitz yang terdiri dari empat tahapan yaitu planning and task clarification (perencanaan dan penjelasan tugas), conceptual design (perancangan konsep), embodiment design (perancangan bentuk), dan detail design (perancangan detail). Selain itu, juga dilakukan perhitungan perancangan dies bending seperti perhitungan proses, perhitungan kekuatan bending, dan kemungkinan timbulnya cacat pada part. Selanjutnya dilakukan simulasi proses bending menggunakan Computer Aided Engineering (CAE) berdasarkan desain dies bending yang dibuat. Berdasarkan hasil simulasi ditemukan sedikit kemungkinan springback sebesar 0,6°. Hasil analisis simulasi strain diperoleh regangan maksimum sebesar 0,0114 mm yang lebih kecil dari nilai maksimum elongation yaitu sebesar 1,04 mm. Hasil analisis stress diperoleh hasil tegangan maksimum sebesar 224,3 Mpa yang lebih kecil dari tensile strength material yaitu 270 Mpa. Hasil analisis thickness menunjukan ketebalan part hanya mengalami penyusutan maksimum sebesar 0,02 mm. Kata kunci: dies, proses bending, bracket radiator, simulasi hasil bending, Computer Aided Design, Computer Aided Engineering, metode Pahl-Beitz.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: dies, proses bending, bracket radiator, simulasi hasil bending, Computer Aided Design, Computer Aided Engineering, metode Pahl-Beitz.
Subjects: Teknologi Rekayasa Otomotif
Depositing User: Febrian Ari
Date Deposited: 20 Nov 2024 07:54
Last Modified: 20 Nov 2024 07:54
URI: http://repository.stmi.ac.id/id/eprint/1072

Actions (login required)

View Item View Item