Minimasi Defect Silver Part Cover R/L, T Gate Hinge Pada Customer HPM Menggunakan Metode Taguchi di PT AUTOPLASTIK Indonesia

Mubarokh, Permana (2023) Minimasi Defect Silver Part Cover R/L, T Gate Hinge Pada Customer HPM Menggunakan Metode Taguchi di PT AUTOPLASTIK Indonesia. Diploma thesis, Politeknik STMI Jakarta.

[img] Text
1119036_Permana Mubarokh_Abstrak.pdf - Accepted Version

Download (9kB)
[img] Text
1119036_Permana Mubarokh_TA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
1119036_Permana Mubarokh_Turnitin.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
1119036_Permana Mubarokh_Dapus.pdf - Bibliography

Download (140kB)

Abstract

PT Autoplastik Indonesia adalah perusahaan manufaktur dibidang komponen interior otomotif plastik, painting dan assembling. Customer HPM adalah salah satu customer yang sudah bekerja sama dengan PT Autoplastik cukup lama, pada part Cover R/L T Gate Hinge ini merupakan part produksi untuk mobil W-RV keluaran 2022. Part T Gate Hinge ini sudah di produksi oleh PT Autoplastik Indonesia namun untuk type mobil berbeda dan menggunakan bahan baku berbeda, part ini muncul permasalahan berupa NG silver. Metode Taguchi digunakan untuk memperbaiki kepercayaan customer dengan memperbaiki permasalahan tanpa menghilangkan penyebabnya, metode Taguchi ini memerlukan tools agar didapatkan hasil yang sesuai seperti brainstorming untuk mendapatkan suatu solusi dari faktor-faktor masalah yang ada dengan bertukar pikiran. Orthogonal Aray untuk menentukan percobaan yang akan dilakukan, Signal to Noise Ratio untuk mengetahui setiap faktor-faktor serta variasi yang telah di uji coba. Metode Annova untuk mendapatkan nilai dari faktor-faktor pada metode Taguchi serta Loss Function digunakan mengukur performansi terhadap part. Setting optimal part Cover R/L T Gate Hinge setelah dilakukannya pengolahan data dan analisa di dapatkan bahwa temperatur mesin sebesar 240oC, kecepatan injeksi 35 detik dan lama pengeringan material 3 jam. Kerugian yang dialami perusahaan setelah adanya perbaikan adalah Rp. 44. 327,25. Kata Kunci: Brainstorming, Loss Function, Metode Taguchi, Metode Annova, Orthogonal Aray, dan Signal to Noise Ratio.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Teknik Industri Otomotif
Depositing User: Whisnu Dwi Prasetiyo
Date Deposited: 05 Sep 2024 08:17
Last Modified: 05 Sep 2024 08:17
URI: http://repository.stmi.ac.id/id/eprint/1008

Actions (login required)

View Item View Item